PORTALINDO.CO.ID, Sanggau, Kalbar – Sebagai upaya mendongkrak semangat belajar bagi Siswa-siswi di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns membagikan buku dan tas sekolah bagi siswa-siswi yang berprestasi di SDN 16 Guntembawang, Dusun Guntembawang, Desa Suruh Tembawang, Kec. Entikong, Kab. Sanggau.



Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau, Minggu (19/12/2021).


Dansatgas mengatakan kegiatan ini dilakukan oleh 4 orang personel pos Guntembawang dipimpin Danpos Letda Inf Warsito sebagai upaya menumbuhkan motivasi dan semangat belajar untuk meraih prestasi di kalangan siswa-siswi di SDN 16 Guntembawang.


Kami melihat di wilayah ini dengan segala keterbatasan serta kurangnya sarana dan prasarana sekolah tetapi anak-anak dengan semangat masih mau bersekolah walaupun menempuh perjalanan yang cukup jauh demi mendapatkan pendidikan yang layak, ujar Dansatgas.


“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa khususnya di wilayah perbatasan,” ucap Dansatgas.


Terpisah Danpos Guntembawang Letda Inf Warsito mengungkapkan Pos Guntembawang melihat semangat anak-anak dalam bersekolah sehingga timbul inisiatif untuk memberikan hadiah berupa buku dan tas sekolah bagi siswa-siswi yang berprestasi di masing-masing kelas.


“Semoga dengan pemberian buku dan tas sekolah ini dapat menjadikan motivasi dan semangat bagi siswa-siswi yang lain untuk dapat berprestasi sehingga tercapai program Pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia secara merata,”ujar Danpos.


Bapak Atek salah satu guru di SDN 16 Guntembawang mengapresiasi kepedulian Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns terhadap pendidikan di wilayah perbatasan dengan memberikan bantuan buku tulis dan Tas Sekolah kepada para siswa-siswi.


”Kami sebagai tenaga pendidik mengucapkan terimakasih kepada TNI yang sudah memberikan bantuan kepada para siswa kami. Semoga anak-anak menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar”, ujarnya. (Pen Satgas Pamtas 643).