Portalindo.co.id, Parongpong -  Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) bersama TNI AD bekerja sama menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Equestrian sebagai salah satu upaya untuk membina dan memelihara kemampuan atlet dan kudanya. Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. membuka Kejuaraan Nasional Equestrian Piala Kasad TA. 2021 di Arena Bina Turangga Jurit, Denkavkud Pussenkav Kodiklatad.



Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Dankodiklatad dengan Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi), Ibu Triwatty Marciano di Makodiklatad pada hari Rabu, 1 Desember 2021. Dimana pada kesempatan itu Ketua Umum Pordasi meminta ijin penggunaan fasilitas berkuda di Denkavkud Pussenkav Kodiklatad untuk menyelenggarakan kejuaraan nasional yang dimaksud.


Rangkaian Upacara Pembukaan Kejuaraan Nasional Equestrian Piala Kasad TA. 2021 terdiri dari Pembukaan resmi kegiatan Piala Kasad Equestrian 2021, penyerahan simbolis piala Kasad yang akan dipertandingkan dan joyride. Serupa dengan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Kodiklatad, dalam kesempatan ini pun diadakan bakti sosial berupa pembagian sejumlah 100 paket sembako kepada buruh tani, petugas kebersihan, petugas parkir dan pemotong rumput di sekitar kawasan Denkavkud Pussenkav. 


Pada sambutannya, Kasad menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung 2 tahun ini membuat sejumlah event dan kompetisi olahraga terhenti, namun paska suksesnya pergelaran PON XX di Papua, event dan kompetisi olahraga di tanah air termasuk lomba equestrian mulai bangkit kembali. Disampaikan oleh Kasad bahwa kegiatan kolaborasi TNI AD dengan Pordasi yang menjadi wahana para atlet berinteraksi dan berbagi pengalaman ini secara khusus menjadi simbol kebangkitan olahraga berkuda di tanah air. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini dapat muncul bibit-bibit atlet baru yang akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Selanjutnya Kasad berharap bukan hanya di kalangan atlet saja namun masyarakat umum ke depannya dapat menikmati olahraga yang sangat bermanfaat ini untuk kondisi fisik dan mental. Amanat Kasad ditutup dengan pesan kepada para atlet dan wasit untuk menjunjung tinggi sportifitas pada perlombaan ini. Kegiatan pun dilanjutkan dengan menyaksikan demonstrasi ketangkasan berkuda.


Kejuaraan Nasional Equestrian Piala Kasad TA. 2021 diikuti oleh 92 atlet dari 7 Pengurus Provinsi Pordasi. Beberapa event discipline yang diperlombakan di antaranya piala cabang Tunggang Serasi U-21 & Open, Lompat Rintangan U-21 & Open dan Eventing Trilomba serta cross country, Dressage dan Show Jumping. Terhitung total 75 medali akan diperebutkan dalam kejuaraan nasional ini.


Turut hadir pada upacara pembukaan ini Danpussenif, Danpussenkav dan Danpussenarmed Kodiklatad, Pangdam III/Slw, Aspers Kasad dan jajaran Muspida Provinsi Jawa Barat serta Pengurus Pusat dan Daerah Pordasi.


(Penerangan Kodiklatad)