Portalindo.co.id - Jakarta Barat, Penting nya menjaga persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa,sudah keharusan  dijalan kan, guna menjaga keutuhan bangsa yang kita cintai,Republik Indonesia. Tentu nya hal - hal tersebut sangat lah penting dengan menciptakan komunikasi   seluruh elemen anak bangsa dari berbagai suku, agama dan bangsa, Dari tingkat  lapisan paling bawah sampai lapisan paling tertinggi, demi menjaga persatuan dan kesatuan sesama anak  bangsa dan menjaga kedaulatan bangsa yang besar (NKRI)




Hal tersebut di cetuskan dengan terlaksananya kegiatan Dialog, dengan tema" Dialog Wawasan Kebangsaan Moderasi Beragama Untuk menciptakan Kesatuan Bangsa" yang mengambil tempat di vihara HEMADHIRO METTAVATI, Jalan Mawar SCB no. 11, Kel. Kapuk, Kec. Cengkareng, Kota Administrasi Jakarta Barat yang di buka oleh Gubernur  DKI Jakarta, Bapak H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D  secar virtual.




Kegiatan dialog yang berlangsung  Minggu Malam, 31 Oktober  2021, pada pukul 19.30 Wib tersebut  dihadiri secara langsung sebanyak 350 orang, secara Hibrid 100 orang dan secara Online dari DPD WALUBI di seluruh Provinsi.



Dialog Wawasan Kebangsaan ini dengan tiga Narasumber , Dirjen BIMAS BUDHA Kementrian Agama Republik Indonesia, Bapak Caliadi S.H.,M.H, Direktur Pencegahan BNPT, Bapak Brigjen  Pol R. Ahmad Nurwakhid, M.M dan Dewan Pertimbangan Preiden, Bapak Mohamad Mardiono. 


Adapun acara pembukaan di kemas oleh MC Romo Asun S.Dt.B yang juga sebagai Seketaris Ketua Panitia Penyelenggara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di ikuti seluruh yang hadir dan di lanjtutkan dengan lagu Hyme Walubi serta  sambutan-sambutan oleh Ketua DPD WALUBI DKI JAKARTA, Bapak Jadi Mukianto SH. MH, Ketua Dewan Pembina Yayasan Vihara Hemadhiro Mettavati yang juga Sekjend DPP WALUBI, Bhante Khanit Sannano Mahathera, Kepala Kemenag Kota Jakarta Barat, Bapak DRS. H. Mukhobar M.A, Kapolres Metro Jakarta Barat yang di wakili Wakapolres AKBP BISMO, Dandim 0503/Jakarta Barat yang di wakili Mayor Inf Missin,Walikota Jakarta Barat yang di wakili Asisten Pemerintah Bapak Junus Burhan serta Dewan Pertimbangan Presiden Bapak Muhammad Mardino.


Selain itu turut hadir Ketua NU Jakarta Barat KH.Agus Salim, Ketua Dai Kambtimas Polda Metro Jaya KH Tatang Firdaus.Danramil 04 Cengkareng Kodim 0503/ JB Kapten Cpl Edy Moerdoko beserta Jajaran nya, Kapolsek Metro Cengkareng Akp Endah Pusparini SH., MH 


Acara di tutup dengna Do’a lintas agama yakni ; Muslim oleh Haji Harun, Buddha oleh Romo Sugiarto Ho,Kristen oleh Pendeta Mulya dan Hindu oleh Sukardan dan di lanjutkan penyerahan cendra mata serta foto bersama.