Portalindo.co.id - Jakarta, Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M., menyerahkan Sertifikat Hasil Uji coba Prototipe Alat Pembuka Pad Shoe Tank Leopard dan Sejenisnya dengan Sistem Hidrolik Pneumatik hasil Litbanghan Puspalad di Markas Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD, Rabu (10/11/2021).


Dalam keterangan tertulis penerangan Dislitbangad, Brigjen TNI Terry mengatakan bahwa alat yang lulus uji coba tersebut merupakan alat pembuka Pad Shoe Tank yang dimiliki satuan Kavaleri untuk melakukan pemeliharaan dan perawatan Tank Leopard serta sejenisnya.


“Alat ini berhak mendapatkan sertifikat telah lulus uji coba dan pembuktian yang dilaksanakan pada 8 Oktober 2021 lalu di Pusbengrah Bandung. Alat ini dinyatakan lulus dan memenuhi standard yang ditentukan  sesuai dengan SST,” ujarnya.


Kemudian Terry menjelaskan permberian sertifikat tersebut karena dalam uji coba Prototipe Alat Pembuka Pad Shoe Tank Leopard dan Sejenisnya dengan Sistem Hidrolik Pneumatik hasil Litbanghan Puspalad telah memenuhi beberapa aspek-aspek yang telah ditentukan.


Aspek-aspek tersebut diantaranya pertama aspek konstruksi dan perlangkapan.  Kedua aspek kemampuan, dimana aspek ini merupakan persyaratan yang menggambarkan nilai guna materiel tersebut pada saat digunakan untuk melaksanakan tugas pokok satuan. 


Selanjutnya ketiga aspek kelancaran kerja, aspek ini merupakan persyaratan yang berkaitan dengan tidak berfungsinya sebagai alat pelepas dan memasang Pad Shoe Tank Leopard dan sejenisnya dengan Sistem Hidrolik Pneumatik sehingga dapat dilaksanakan dengan mudah, cepat dan meminimalisir personel serta menjamin kesiapan operasional Tank Leopard dan sejenisnya.  


Dan yang terakhir, tambah Terry yaitu Aspek Insani, yang mana aspek ini merupakan persyaratan yang berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan terhadap personel pengguna pada saat materiel dibawa mobilitas maupun dioperasionalkan.


Pada kesempatan tersebut, Terry selaku Kadislitbangad menegaskan, pemberian sertifikat lulus uji coba secara langsung merupakan bentuk nyata komitmen Dislitbangad pada program Sertifikasi yang sesuai dengan peraturan Kasad tentang Organisasi dan Tugas Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat.  


“Sertifikat ini sebagai bentuk komitmen sesuai peraturan Kasad, sesuai dengan tugas pokok Dislitbangad yaitu membina dan menyelenggarakan fungsi penelitian dan pengembangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD,” tandasnya. (Dispenad)