Portalindo.co.id, Surabaya - Setelah selesai melaksanaan Latihan Posko I, para penyelenggara dan pelaku Lattis YTP 516/CY Kodam V/Brw bersiap untuk melanjutkan tahap berikutnya dari rangkaian latihan. Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. selaku Pimpinan Umum Latihan memimpin Apel Gelar Kesiapan Pasukan dan Alutsista Latihan Taktis YTP 516/CY Kodam V/Brw di lapangan Brawijaya. Kamis (25/11/2021)



Apel Gelar Kesiapan Pasukan dan Alutsista ini diikuti oleh 1.076 pelaku latihan yang tergabung pada Batalyon Tim Pertempuran 516 dari Kodam V/Brw. Selain ribuan prajurit, nampak pula digelar sejumlah alutsista dan perlengkapan tempur yang akan digunakan dalam latihan ini.



Dalam amanatnya kepada para peserta apel, Dankodiklatad berpesan agar menjaga semangat dan disiplin tempur mulai dari pergeseran pasukan hingga saat pelaksanaan latihan. Selain itu juga faktor keselamatan dan kesehatan menjadi penekanan beliau. Selanjutnya juga Dankodiklatad membagikan beberapa pengalaman di bidang latihan yang didapat saat beliau menjadi Komandan Batalyon Yonif Linud 433/Julu Siri dan Komandan Brigade Infanteri Linud 18/Trisula. 


Selanjutnya para pelaku latihan taktis YTP 516/CY Kodam V/Brw akan melaksanakan pergeseran pasukan dan materil ke Puslatpur Kodiklatad, Baturaja pada tanggal 27 November 2021 dan setibanya akan melaksanakan latihan drill tempur.


Latihan Taktis YTP 516/CY Kodam V/Brw diselenggarakan dengan mempedomani hasil-hasil evaluasi pelaksanaan latihan-latihan yang pernah diselenggarakan sebelumnya di antaranya YTP 203, Latma Garuda Shield, YTP 641, YTP 100 dan BTP 13. Hal ini merupakan wujud konsistensi dan komitmen Kodiklatad dalam mewujudkan latihan TNI Angkatan Darat yang semakin profesional, bermanfaat dan aplikatif guna mempersiapkan prajurit TNI AD yang handal dalam penugasan. 

(Penerangan Kodiklatad)