Portalindo.co.id, Surabaya - Sebagai latihan pamungkas di penghujung tahun 2021, Latihan Taktis Batalyon Tim Pertempuran (YTP) 516/CY Kodam V/Brw diharapkan dapat terlaksana secara maksimal dan mewadahi kebutuhan latihan prajurit jajaran Kodam V/Brawijaya. Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. selaku Pimpinan Umum Latihan Taktis Batalyon Tim Pertempuran 516/CY Kodam V/Brw meninjau pelaksanaan Latihan Posko I YTP 516/CY Kodam V/Brw di Mako Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha. Kamis (25/11/2021)




Diketahui bersama bahwa Latihan Taktis YTP 516/CY Kodam V/Brw ini diprogramkan untuk melatihkan kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan operasi yang diikuti oleh Batalyon Infanteri Mekanis 516/Caraka Yudha didukung dengan satuan bantuan tempur dan satuan bantuan administrasi jajaran Kodam V/Brw. Adapun beberapa pelajaran yang akan dikembangkan dalam latihan ini di antaranya aplikasi Sistem Komando, Kendali, Komunikasi, Komputer, Informasi, Pengamatan dan Penginderaan (K4IPP), metode pemecahan masalah serta implementasi prokes Covid-19.




Setibanya di Mako Batalyon Infanteri Mekanis 516/CY, Dankodiklatad didampingi Aslat Kasad, Mayjen TNI Harianto meninjau pelaksanaan Tactical Floor Games (TFG) yang merupakan bagian akhir Latihan Posko I. Nampak dalam kegiatan ini seluruh komandan beserta perwira staf satuan pelaku latihan berkolaborasi mempersiapkan tahap serangan pada kedudukan musuh dengan menggunakan peta berukuran besar. 


Dalam pengarahannya kepada 122 orang pelaku dan 78 penyelenggara Latihan Posko I, Dankodiklatad menyampaikan agar para pelaku latihan memanfaatkan kesempatan berharga ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuannya. Dengan semakin meningkatnya perhatian pimpinan Angkatan Darat terhadap latihan maka para prajurit harus menunjukkan keseriusannya dalam latihan. Ditambahkan oleh beliau bahwa latihan yang baik bukan semata-mata dinilai dari alutsista yang dikerahkan namun lebih kepada peningkatkan kemampuan manusia yang mengawaki persenjataan.


Latihan Posko I YTP 516/CY Kodam V/Brw akan selesai pada hari ini dan selanjutnya seluruh unsur penyelenggara dan pelaku latihan akan melaksanakan pergeseran pasukan dan material menuju Puslatpur Kodiklatad, Baturaja untuk melaksanakan latihan taktis drill tempur.


(Penerangan Kodiklatad)