PORTALINDO.CO.ID - JAKARTA,   Kepala  Dinas Penelitian  dan  Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad)  Brigjen TNI  Terry  Tresna Purnama., S.I.Kom.,M.M.,  menutup kegiatan Seminar Karakter Kepemimpinan DanFsat Litbanghan TNI AD TA.2021 bertempat di Hotel Aston Kartika Grogol, Kamis  (21/10/2021).



Sebelum penutupan seminar, Letkol Inf Oman Abdurrahman selaku notulen seminar  menyampaikan kesimpulan dari beberapa Narasumber baik dari Keynote Speaker  Kadislitbangad  Brigjen TNI  Terry  Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M.,  Narasumber Kolonel Czi Fakhrudin (Kabidjianbang Strabang Kuatdaya Wilhanrat Seskoad), Brigjen TNI Untung Purwadi, S.E., M.Si. (Dirjakstra Ditjen  Strahan Kemhan)  Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D. (Rektor Unjani) Brigjen TNI  I Made Riawan, S.Psi. (Kadispsiad)  dan Steffi Gabriela  Sihotang, S.Sos selaku Moderator. 




Kadislitbangad Brigjen TNI  Terry Tresna Purnama., S.I.Kom.,M.M., dalam kata sambutannya mengatakan bahwa ia           memberikan  apresiasi dan penghargaan atas antusiasme para peserta dalam mengikuti  Seminar Karakter Kepemimpinan Komandan Satuan Guna Mewujudkan Prajurit Yang Handal dan Kompeten Program Litbanghan TNI AD TA 2021. Hasil penelitian bidang Litbang Insani Seskoad TA 2021.  


"Peserta seminar secara umum dapat memahami substansi dari materi yang telah disampaikan oleh para pembicara. Besar harapan kita semua melalui kegiatan seminar ini dapat memberikan saran masukkan yang berharga kepada para komandan satuan dalam melaksanakan tugas di satuannya. Tentara Nasional Indonesia (TNI),  khususnya TNI Angkatan Darat merupakan organisasi militer yang mempunyai keunikan atau kekhasan tersendiri berkaitan dengan kepemimpinan. Karena keunikan atau kekhasan karakter kepemimpinan dari seorang komandan satuan dalam tubuh TNI AD,  maka menghasilkan prajurit-prajurit TNI AD bermental baja yang dapat menuntun prajurit tersebut untuk selalu siap operasional di segala jenis dan medan operasi. Komandan satuan yang berkarakter akan memiliki ciri-ciri, seperti visioner, berpandangan jauh ke depan, bekerja sesuai dengan target, jujur, bijaksana, tegas, integritas, dan obyektif dalam setiap proses pengambilan keputusan maupun dalam interaksi sehari-hari bersama dengan semua staf, anak buah, maupun bawahannya, "ujarnya.


Selanjutnya Kadislitbangad menambahkan dalam seminar Litbanghan  Hasil penelitian bidang Litbang Insani Seskoad TA 2021 tentang  Analisis Karakter Kepemimpinan Komandan Satuan Guna Mewujudkan Prajurit yang Handal dan Kompeten dapat memberikan rekomendasi sebagai berikut Pertama,   kepemimpinan Komandan Satuan (Dansat) di dalam organisasi TNI AD sangat mempengaruhi kinerja dan profesionalisme prajurit di satuannya. Pembinaan satuan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan agar satuan yang dipimpinnya dapat mencapai sukses yang gemilang baik di daerah operasi mapun pangkalan.   Kedua,  pelaksanaan Binsat akan terlihat apakah Dansat telah mempraktekkan kepemimpinan yang benar atau sebaliknya. Ketiga, karakter kepemimpinan sangat mempengaruhi pembentukan prajurit yang handal dan kompeten di satuan. 


" Dengan rekomendasi tersebut saya  berharap  dengan selesainya seminar ini para peserta mendapatkan pencerahan dan menambah wawasan bagaimana peran dan karakter kepemimpinan komandan satuan yang dapat mendorong, menentukan dan mendukung terbentuknya prajurit yang handal dan kompeten di lingkungan TNI AD, "pungkasnya. 


Hadir dalam acara seminar,  Kapok Sahli Pangdam Jaya,  Brigjen TNI Dwi Endro Sasongko Dirjianbang Seskoad, Brigjen TNI Robet Giri Dirjianbang Secapa AD, Brigjen TNI  Dr. Tetty Melina, S.H.,M.H.   Dirkumad, Direktur, Paban III Litbang Astro Srenad, Kepala, Direktur  Jajaran Puscabfung TNI AD, Jajaran Balakpus, Jajaran Kodiklat, Jajaran Lemdikpus, Kopasus, Kostrad, Akademisi juga para Dansat di batalyon mengikuti melaui zoom meeting. (Dispenad)