Portalindo.co.id – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A  meresmikan Lapangan Tembak Pistol dan Ruang Puskodalops Kodam XVII/Cenderawasih, di Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Rabu (18/8/2021).



“Dengan selesainya renovasi, Lapangan Tembak Pistol Kodam XVII/Cenderawasih ini menjadi lebih indah, bagus dan rapi. Lapangan Tembak Pistol ini juga lebih nyaman untuk digunakan sehingga dapat meningkatkan profesionalisme kita dalam hal menembak terutama di level perwira,” tambah Pangdam XVII/Cenderawasih.




Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kamis (19/8/2021) terkait pembangunan ruang Puskodalops Makodam XVII/Cenderawasih, Pangdam mengatakan bahwa pembangunan ruang Puskodalops Makodam XVII/Cenderawasih merupakan hal yang penting, sebab ruangan tersebut menjadi pusat pengendalian operasi.


"Pembangunan Ruang Puskodalops Makodam XVII/Cenderawasih ini untuk menjawab tantangan serta sebagai sarana untuk mendukung dan menyukseskan tugas-tugas pokok Kodam XVII/Cenderawasih yang semakin kompleks. Karena Kodam XVII/Cenderawasih juga ditunjuk sebagai Komando Operasi Gabungan TNI Papua dan juga sebentar lagi akan diselenggarakan PON XX di Papua. Maka dari itu, ruangan ini sangat penting dan seharusnya semua Kotama juga memiliki ruangan Puskodalops,” jelas Pangdam XVII/Cenderawasih.


Selanjutnya Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi merenovasi Lapangan Tembak Pistol dan Ruang Puskodalops Makodam XVII/Cenderawasih.


“Saya selaku Pangdam XVII/Cenderawasih mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kegigihan dan partisipasi seluruh pihak atas terwujudnya pembangunan Lapangan Tembak Pistol dan Ruang Puskodalops Kodam XVII/Cenderawasih, sehingga mulai hari ini sudah dapat digunakan,” terang Pangdam XVII/Cenderawasih.


Di akhir amanatnya, Pangdam XVII/Cenderawasih berharap dengan selesainya renovasi Lapangan Tembak Pistol dan Ruang Puskodalops Makodam XVII/Cenderawasih dapat dimanfaatkan dengan baik dan meningkatkan profesionalisme dalam mendukung serta menyukseskan tugas pokok Kodam XVII/Cenderawasih.


“Semoga Lapangan Tembak Pistol Ksatria dan Ruang Puskodalops Makodam XVII/Cenderawasih dapat bermanfaat dan meningkatkan profesionalisme kita dalam mendukung serta menyukseskan tugas pokok Kodam XVII/Cenderawasih,” harap Pangdam.


Usai melaksanakan peresmian Lapangan Tembak Pistol dan Ruang Puskodalops Kodam XVII/Cenderawasih, Pangdam bersama para pejabat Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan latihan menembak sesuai program.


Di akhir kegiatan latihan menembak pistol, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan beberapa arahan khususnya tentang penggunaan Lapangan Tembak Pistol untuk dioptimalkan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan juga tetap dijaga kebersihan serta kerapihannya. 


Selain itu Pangdam juga memberikan arahan terkait adanya petunjuk dari Komando Atas tentang penggunaan media sosial di lingkungan TNI AD.


"Dalam penggunaan media sosial harus hati-hati, kita juga tidak bisa melarangnya karena semua mempunyai HP. Bilamana mau men-share kegiatan, harus yang bernilai positif. Jangan mengunggah kegiatan yang bersifat negatif. Kita menjadi objek saja dapat terkena sanksi, apalagi jika menjadi subjek. Saya harapkan para perwira untuk dapat menyampaikan kepada anggotanya," jelas Pangdam.


Dalam arahannya Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A menyampaikan agar setiap prajurit lebih bijak saat menggunakan media sosial, karena ada beberapa prajurit dan keluarga yang menyalahgunakan media sosial dengan mengunggah foto atau video yang dapat merusak citra TNI di akun medsos pribadi.


"Sudah banyak contoh, baik prajurit ataupun keluarga yang menggunakan media sosial tidak sesuai dengan ketentuan dan berakhir dengan proses hukum," tambah Pangdam.


Lebih lanjut Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan bahwa kegiatan yang bersifat positif seperti bhakti sosial, pengobatan massal dan vaksinasi massal serta kegiatan positif lainnya dapat diunggah di akun media sosial yang resmi karena hal tersebut bernilai positif.


"Kegiatan satuan yang bernilai positif seperti peresmian lapangan tembak yang baru saja dilaksanakan ini dapat di-share oleh Penerangan Kodam melalui YouTube, Twitter, Facebook dan Instagram dan tidak di-share di akun pribadi," jelas Mayjen TNI Ignatius Yogo Triono, M.A.


"Intinya adalah kembali pada kesadaran diri pribadi masing-masing untuk menjaga diri kita dan satuan kita, karena jika melanggar, maka kita sendiri yang akan diberikan sanksi, untuk itu kendalikan diri dalam menggunakan media sosial dengan baik dan benar, hal yang tidak baik jangan disebarkan," tutup Pangdam. (Dispenad)