PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA - Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI  Terry Tresna Purnama, S.I.Kom.,M.M., bertempat di ruang Kantor Kadislitbangad Jakarta, menyerahkan  Sertifikat Uji Coba  Prototipe  Ransus  kerja  multi  Ranpur  Mobile hasil kegiatan Litbanghan Puspalad   kepada Direktur Utama PT. Garuda Makmur Perkasa Dedy Tjahjadi selaku pihak mitra pada hari Senin (23/8/2021).




Kadislitbangad Brigjen TNI  Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, didampingi Sedislitbangad dan Kasubdismat,   mengatakan bahwa  penyerahan  Sertifikat Uji Coba  Prototipe  Ransus  kerja  multi  Ranpur  Mobile hasil kegiatan Litbanghan Puspalad,   merupakan bentuk nyata  komitmen Kadislitbangad pada program Sertifikasi  sesuai dengan Peraturan Kasad tentang  Organisasi dan Tugas Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat, yang memiliki tugas pokok membina dan menyelenggarakan fungsi penelitian dan pengembangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

 

" Ransus Kerja Multi Ranpur Mobile merupakan  kendaraan khusus TNI AD yang digunakan untuk melakukan pemeliharaan dan perawatan Tank Leopard di lapangan dan kendaraan pengangkut Engine Leopard, sehingga dapat memudahkan bagi prajurit dalam melaksanakan tugas sehari-hari, dan sudah layak memenuhi ketentuan yang berlaku sehingga diberikan sertifikat tersebut  karena sudah memenuhi beberapa  aspek yaitu dari segi  aspek konstruksi dan perlangkapan baik  Mesin, Bahan, Perakitan, Perlengkapan memenuhi sesuai dengan ketentuan, aspek kemampuan memiliki daya gerak, keamanan, stabilitas, pemeliharaan dan pembekalan, aspek kelancaran kerja dengan  jelajah dan Endurance mampu menempuh jarak 1.250 km atau 36 jam secara maraton dengan mesin hidup terus menerus, serta unsur lain seperti   alat angkat (Crane), Genset, dari sisi aspek insani baik  Dimensi alat pelayanan, Keringanan kemudi, Gangguan, Goncangan simulator balok Pengendalian, kemudahan memenuhi sesuai SST dan SSP yang telah ditentukan, " pungkas Kadislitbangad.


Seperti diketahui bersama, Prototipe Ransus Kerja Multi Ranpur Mobile hasil kegiatan Litbanghan Puspalad telah diuji coba   pada tanggal 27 s.d. 30 Juli 2021 di Laboratorium Batujajar. (Dispenad)