PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.  bersama Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K. dan pejabat daerah serta pejabat PB PON meninjau secara langsung kesiapan beberapa sarana dan prasarana yang akan digunakan PON XX Tahun 2021 di Provinsi Papua yang berada di wilayah Jayapura, Senin (16/8/2021).



Dalam keterangan tertulia Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Selasa (17/8/2021), Pangdam XVII/Cenderawasih beserta rombongan mengunjungi beberapa Venue PON XX yang berada di wilayah Jayapura di antaranya: Venue Teluk Yos Sudarso (depan Kantor Gubernur) untuk cabang olahraga Selam Laut dan Renang Perairan Terbuka, Venue Stadion Mandala untuk cabang olahraga Sepak Bola (penyisihan); Venue GOR Toware untuk cabang olahraga Pencak Silat,  dan Venue Hockey Indoor, Outdoor dan Cricket Doyo Baru untuk cabang olahraga Hockey Indoor, Hockey Outdoor dan Cricket.


Di sela peninjauan, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. mengatakan bahwa kegiatan peninjauan tersebut dilaksanakan untuk melihat secara langsung kesiapan sarana dan prasarana PON XX di Provinsi Papua.


"Peninjauan ini bertujuan untuk melihat secara langsung kesiapan sarana prasarana yang akan digunakan PON XX agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar. Kesuksesan PON XX ini juga merupakan kebanggaan dan tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua," jelas Pangdam.


Lebih lanjut, Pangdam XVII/Cenderawasih menjelaskan masih adanya kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembangunan venue PON XX.


"Kita akan segera mengatasi kendala dalam pembangunan venue, sehingga dalam pelaksanaannya nanti PON XX akan berjalan sukses tanpa kendala apapun," tegas Pangdam.


Terkait dengan adanya beberapa venue PON XX yang masih bermasalah seperti adanya aksi pemalangan dan Hak Tanah Ulayat yang belum terselesaikan, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan bahwa permasalahan tersebut akan diselesaikan oleh Pemda Papua. Dalam rangka percepatan penyelesaian, pihak PB PON, Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten Jayapura akan memberikan kompensasi sehingga venue PON XX tersebut dapat digunakan pada bulan Oktober 2021.


Untuk dukungan masyarakat terhadap penyelenggaraan event nasional tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih juga berharap agar seluruh masyarakat Papua senantiasa mendukung event PON XX yang akan dilaksanakan di Provinsi Papua pada bulan Oktober 2021.


"Saya berharap seluruh masyarakat di tanah Papua bisa mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON XX tahun 2021," tutup Pangdam.


Hadir dalam pelaksanaan peninjauan yakni, Ketua Harian PB PON Dr. Yunus Wonda, S.H, M.H., Ketua Bidang I PB PON Yusuf Yambe Yabdi, ST, MT., Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Edwin Apria Chandra, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas, S.H., S.I.K., M.Pd., Walikota Jayapura Dr. Dr. Benhur Tomi Mano M.M, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E, M.Si. dan Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Williamson Agusthinus Maclarimboen, S.I.K. (Dispenad)