PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA -  Kodim 1710/Mimika bersama Polri dan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan bersinergi dalam penanggulangan Covid-19 di wilayah Kabupaten Mimika, Sabtu (7/8/2021)



Dalam keterangan tertulisnya,  Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya mengatakan bahwa Kodim 1710/Mimika turut mengerahkan Babinsa dari Koramil jajaran untuk terjun di tengah masyarakat bersama Bhabinkamtibmas dan petugas Puskesmas setempat untuk melacak kontak erat atau tracing dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Mimika.


"Saya sudah memerintahkan para Babinsa Kodim 1710/Mimika melalui masing-masing Danramil untuk berperan aktif  bersama Bhabinkamtibmas dan petugas kesehatan setempat dalam kegiatan tracing kepada warga yang terkonfirmasi maupun kontak dalam rangka memutus mata rantai penularan virus Corona atau Covid-19," jelas Dandim.


“Babinsa telah dilibatkan dalam kegiatan tracing, untuk itu Babinsa bisa membantu tim dalam mengevakuasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen,” tambah Dandim.


Lebih lanjut, Dandim menegaskan bahwa kegiatan tracing merupakan kegiatan yang penting sebagai upaya penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19, khususnya yang telah terkontak dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.


“Ini terus perlu kita lakukan agar tidak semakin meluas pandemi Covid-19," pungkas Dandim.


Sementara itu Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Sertu Nur Kholis saat dikonfirmasi mengatakan bahwa, apa yang dilakukannya merupakan tugas dan kewajiban prajurit TNI dan membantu rakyat.


"Kami semua Babinsa bersinergi dengan semua elemen masyarakat untuk melaksanakan tracing kepada warga yang telah terkontak dengan pasien yang terkonfirmasi covid-19 dalam rangka pencegahan Covid-19, termasuk menangani dampak dari pandemi ini, " kata Babinsa Sertu Nur Kholis. (Dispenad)