PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA - Kodim 0713 Brebes kembali menyalurkan ribuan paket beras kemasan 5 kilogram untuk warga masyarakat yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pandemi Covid-19, Jumat (13/8/2021).


Dandim 0713 Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan dalam keterangan tertulisnya  menyampaikan, pihaknya berkolaborasi dengan Polres dan Dinas Sosial Brebes untuk menyalurkan 7 ton beras yang masing-masing 5 ton (1000 paket) dari Kodim dan 2 ton (400 paket) dari Polres.


“Kita bekerja sama dengan Pemkab melalui Dinas Sosial, membagikan paket beras bagi warga masyarakat yang belum tersentuh bantuan sosial dari pemerintah baik itu BLT, PKH dan lain-lain, sehingga semua bisa merasakan,” terangnya.


Untuk sasarannya adalah 5 desa di Kecamatan Brebes, yaitu Limbangan Kulon, Limbangan Wetan, Desa Gandasuli, Kelurahan Pasar Batang, dan Kelurahan Brebes.


“Agar bantuan tepat sasaran yaitu warga yang kurang atau tidak mampu, benar-benar terdampak PPKM Covid-19, dan juga yang sedang melakukan isolasi mandiri Covid-19, maka penentuan penerima manfaat berdasarkan data dari Babinsa, Bhabinkamtibmas dan perangkat desa masing-masing,” ujarnya.


Dirinya berharap walaupun bantuan belum bisa mengcover seluruh warga di 5 desa tersebut, namun minimal dapat meringankan beban masyarakat yang belum tersentuh bantuan.


Haikal Sofyan juga mengimbau kepada masyarakat agar bersedia divaksinasi Covid-19, karena itu memang upaya pemerintah untuk menanggulangi covid-19.


Sementara itu Wasripah, salah satu penerima manfaat asal Desa Limbangan Kulon, menyatakan terima kasih atas bantuan tersebut.


Untuk diketahui, serbuan bantuan sosial saat pemberlakuan PPKM Darurat yang gencar dilakukan oleh TNI-Polri ini, adalah upaya untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan penanganan dampak ekonomi pandemi. (Dispenad)