PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA - Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A menerima kedatangan pejabat Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR dalam rangka Penandatanganan Perjanjian Kerjasama TNI AD dengan Kementerian PUPR tentang pembangunan ruas jalan Banti Aroanop Kabupaten Mimika Provinsi Papua di Ruang Cyloops Makodam XVII/Cenderawasih. Minggu (29/8/2021).



Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Senin (30/8/2021), Pangdam XVII/Cenderawasih menyambut baik kerja sama yang dilakukan Kementerian PUPR dengan TNI AD dalam hal ini Kodam XVII/Cenderawasih. Pangdam menaruh harapan bahwa pembangunan jalan yang akan dilaksanakan, dapat memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak khususnya Provinsi Papua.




"Dengan adanya pembangunan jalan ini akan sangat bermanfaat bagi semua pihak, bila ditinjau dari aspek keamanan, dengan pembukaan jalur Banti Aroanop maka akses bagi personel TNI-POLRI akan lebih lancar sehingga akan mempermudah mengakses wilayah yang sulit dijangkau selama ini. Dari sisi ekonomi, jalur perdagangan antara Banti Aroanop sampai Tembagapura Timika akan semakin lancar dan juga aspek-aspek yang lain seperti contohnya kesehatan, kesejahteraan pasti itu akan mengikuti," ungkap Pangdam.


Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan bahwa kemarin Pangdam sudah bertemu dengan Bupati Mimika dan beliau juga sangat mendukung dengan kegiatan ini karena akan membuka akses dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Lebih lanjut dijelaskan Pangdam, bahwa minggu lalu kegiatan ini sudah dipaparkan kepada Kasad di Jakarta.


"Sekali lagi Kodam XVII/Cenderawasih, dalam hal ini Korem 174/ATW akan mendukung dan mengamankan sebaik-baiknya pembangunan jalan tersebut karena itu menjadi pesan dari Bapak Kasad. Saya yakin dengan terbukanya jalan ini nantinya akan meningkatkan kesejahteraan khususnya bagi masyarakat sekitar Tembagapura dan masyarakat Papua pada umumnya," tambah Pangdam.


"Apa yang kita lakukan ini merupakan kesepakatan kita untuk bersama-sama membangun Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita semua berharap, pembangunan dapat berjalan sesuai harapan kita semua, " pungkas Pangdam.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wamena, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR  Zepnat Kambu, S.T, M.T mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya penandatanganan kerja sama yang dilakukan antara Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR dengan Kodam XVII/Cenderawasih.


"Saya percaya dengan adanya kerja sama ini akan memberikan manfaat bagi semua pihak khususnya Provinsi Papua. Kami sangat percaya dengan talenta dan kecerdasan, keuletan yang ada di pundak bapak-bapak maka pembangunan infrastruktur dasar di Provinsi  Papua khususnya jalur Banti Aroanop Kabupaten Mimika akan dapat berjalan dengan lancar yang pada akhirnya akan memajukan bangsa dan negara kita," ucap Zepnat Kambu.


Acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dihadiri Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Wachid Apriliyanto, Kapok Sahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan, Danrem 174/ATW Brigjen TNI Bangun Nawoko dan Pejabat Kodam lainnya serta Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wamena, Kepala Satuan Kerja PJN Wilayah VI. Prov Papua (Timika) dan Pejabat Pembuat Komitmen PPK6.2 Satker PJN VI (Timika).(Dispenad)