PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA - Sebagai upaya mencerdaskan generasi penerus bangsa, sekaligus meningkatkan gemar membaca bagi anak-anak di usia dini, Babinsa Posramil 1708-01/Biak Timur Sertu Sombuk beserta 3 orang anggota, yaitu Sertu Umaradin, Sertu Yamin dan Sertu Dodik Fitrianto mengadakan perpustakaan keliling, bertempat di Desa Adorbari, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Sabtu (21/8/2021).




Dalam keterangan tertulis Kodim 1708/Biak, kegiatan perpustakaan keliling tersebut merupakan wujud kepedulian Babinsa Posramil Biak Timur terhadap dunia pendidikan guna membantu mencerdaskan anak-anak generasi penerus bangsa di usia dini agar gemar membaca dan khususnya untuk mengisi kegiatan libur pada masa Pendemi melalui buku-buku pengetahuan yang dibawa Babinsa dengan gerobak ke kampung-kampung yang merupakan wilayah binaan.


Di sela kegiatan tersebut, personel Babinsa Posramil 1708-01/Biak Timur Sertu Sombuk mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan kegiatan, maka dilaksanakan terlebih dahulu dengan memberikan pemahaman dan edukasi terhadap anak-anak, agar tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid - 19.


"Kami mengajari anak-anak yang belum lancar membaca, dengan membimbing untuk mengenal huruf dan mengeja agar dapat membaca kata dalam kalimat," jelas Babinsa.


"Anak-anak terlihat antusias dan bersemangat dengan kehadiran kami yang memberikan bimbingan membaca. Pepatah mengatakan membaca buku adalah jendela dunia. Oleh karenanya, ini merupakan ungkapan yang tepat, karena dengan membaca buku, akan dapat menyerap banyak ilmu pengetahuan, memperluas wawasan seseorang dan hiburan pun bisa diperoleh melalui membaca buku," tambah Sombuk.


Lebih lanjut, Sertu Sombuk  menjelaskan dengan memberikan bekal ilmu pengetahuan bagi anak-anak di usia dini sebagai generasi penerus di masa yang akan datang, merupakan tanggung jawab kita bersama.


"Ini semua, agar nantinya mereka dapat memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam membangun desanya, " pungkas Sombuk penuh harap. (Dispenad)