Portalindo co.id, Jayapura – Korem 172/PWY bersinergi bersama Kepolisian dan Pemerintah Kota Jayapura menggelar serbuan vaksinasi covid-19 selama dua hari dari tanggal 3 s.d 4 Juli 2021, bertempat di lapangan tenis asrama Bucend III Waena, Sabtu (3/7). Kegiatan tersebut juga melibatkan satuan TNI AL dan TNI AU diwilayah Korem 172/PWY.





Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan saat dihubungi mengatakan bahwa pelaksanaan serbuan vaksinasi dengan mengandeng seluruh instansi terkait baik TNI, Polri dan Pemerintah Daerah di wilayah Korem 172/PWY merupakan langkah untuk mendukung program pemerintah dalam mempercepat vaksinasi dengan target 1 juta vaksin perhari diseluruh Indonesia.





Danrem menyatakan, serbuan vaksinasi dilaksanakan secara terpusat di lapangan tenis Korem 172/PWY  bucend III waena, Kota Jayapura, dengan melibatkan 50 vaksinator yaitu 12 orang dari Denkesyah Waena, 5 orang dari TNI AL, 7 orang dari TNI AU, 9 orang dari kepolisian, 10 orang dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura dan dari Puskesmas Waena sebanyak 7 orang. 


“Sementara data yang masuk kepada kami tercatat sebanyak 1.501 orang masyarakat yang telah divaksin pada hari ini. Kita berharap jumlah ini akan terus bertambah sehingga kedepan bisa menekan lonjakan kasus Covid - 19 di wilayah kami”, ujar Danrem.


Danrem juga menjelaskan, saat ini Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran terkait dimulainya vaksinasi covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun. Sementara itu, merek vaksin yang digunakan untuk vaksinasi Covid-19 anak usia 12-17 tahun adalah vaksin Sinovac dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian dengan jarak minimal 28 hari.


“Untuk itu, masyarakat silahkan datang dan mendaftar dengan membawa kelengkapan KTP dan Kartu Keluarga kami akan siap melayani”, tegas Brigjen TNI Izak Pangemanan.


Sementara itu seorang peserta vaksinasi, Sarah Sasana Puyami (40) mengapresiasi upaya TNI-Polri dan Pemerintah Daerah Kota Jayapura menggelar vaksinasi demi memutus penyebaran covid-19 di Provinsi Papua. Ia mengaku baru pertama kali di suntik vaksin dan berharap agar terhindar dari covid-19.


“Saya mendengar ada program vaksinasi di tempat ini dan saya langsung datang dan mendaftar dan saat ini saya sudah divaksin. Setelah divaksin saya tidak merasakan apa-apa, saya tetap bugar dan sehat. Untuk itu, saya berharap kepada masyarakat yang belum vaksin agar datang ke tempat ini dan di sini kita vaksin gratis”, katanya. (Penrem 172/PWY)