Portalindo.co.id, Jayapura – Serbuan vaksinasi yang dilaksanakan Korem 172/PWY bersinergi dengan Kepolisian Polda Papua dan Pemerintah Kota Jayapura serta satuan TNI AL dan TNI AU mencapai 2.752 orang. Kegiatan dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Tenis Asrama Bucend III Waena, Kota Jayapura, selama dua hari dari tanggal 3 dan 4 Juli 2021.




Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan data yang dihimpun dari petugas vaksinasi menunjukkan bahwa jumlah masyarakat yang melaksanakan vaksinasi terpusat di Kota Jayapura dan jajaran Korem 172/PWY dengan rincian Korem 172/PWY dan Kodim 1701/Jayapura beserta Instansi terkait sebanyak 1944 orang, Kodim 1702/JWY 200 orang, Kodim 1715/Yahukimo 608. 





Danrem mengingatkan agar seluruh masyarakat yang telah menerima vaksin tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Karena itu adalah senjata utama dalam memutus penyebaran covid-19 saat ini.


“Apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah dibantu oleh TNI-Polri harus terus didukung dengan kesadaran masyarakat guna menurunkan kasus positif dengan memperketat protokol kesehatan,” kata Danrem.


Lebih lanjut Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan, untuk vaksin tahap kedua dilaksanakan ditempat yang sama di Lapangan Tenis Asrama Bucend III Waena, pada tanggal 2 dan 3 Agustus 2021 mendatang atau maksimal 28 hari setelah divaksin tahap pertama.


“Vaksinasi akan dilakukan ditempat ini dengan membawa bukti atau surat yang menyatakan telah melaksanakan vaksin pertama,” ujar Brigjen TNI Izak Pangemanan.


Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, mengapresiasi serbuan vaksinasi yang digelar TNI-Polri dan Pemkot Jayapura untuk mempercepat program vaksinasi nasional guna mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunal.


“Dua hari ini saya menyaksikan langsung dan program serbuan vaksinasi ini mendapat antusias dari masyarakat, terlihat dari banyaknya masyarakat yang mengantri. Ini belum pernah terjadi selama vaksinasi di wilayah Kota Jayapura. Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada TNI-Polri atas pencapaian vaksinasi dua hari ini”, ujarnya. (Penrem 172/PWY)