PORTALINDO CO.ID, JAKARTA - Personel Pos Kalan Satgas Yonif 403/Wirasada Pratista turun tangan  membantu mengevakuasi sejumlah pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang yang menutup jalan trans Papua-Wamena, di Kampung KM 78, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua. 



Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Kamis, (29/7/2021).



Dansatgas mengatakan bahwa dalam kurun waktu seminggu terakhir ini sering terjadi perubahan cuaca berupa angin kencang dan hujan yang turun secara terus menerus tidak hanya membuat sebagian jalanan di ketinggian longsor,  tetapi juga terdapat pohon besar yang tumbang menutupi jalan lintas trans papua yang berada di Km 78, beruntungnya tidak ada korban baik masyarakat ataupun kendaraan roda dua, truk maupun kendaraan pribadi yang tertimpa atau mengalami kerusakan.


“Evakuasi pohon tumbang kami lakukan dengan mengerahkan beberapa prajurit dengan menggunakan kampak, parang dan tali tambang, terlihat juga beberapa warga ikut membantu,” ucap Dansatgas.


Di tempat terpisah, Pasiminlog Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Lettu Inf Mufty Hasan mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pergeserannya beserta rombongan dari Pos Kalimo menuju Pos Kout Arsotami. Di perjalanan rombongan ini hampir ditimpa oleh pohon besar yang saat itu tumbang ke tengah jalan setelah hujan lebat berhenti, pada kesempatan ini juga dengan sigap Prajurit Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista yang ada di lokasi kejadian melakukan aksi memotong pohon yang tumbang di tengah jalan menjadi beberapa bagian kecil dari batang pohon sehingga pohon yang menutupi jalanan bisa dipindahkan ketepian dan tidak membuat macet jalanan serta tidak menghambat aktivitas warga setempat sebagai pengguna jalan.


“Untuk menyingkirkan pohon yang tumbang agar tidak menghalangi jalan lintas, kami gunakan tali tambang yang diikatkan dari pohon kepada kendaraan truk dinas agar kami dapat membuka akses jalan kembali,  setelah itu batang pohon tersebut kami potong menjadi beberapa bagian bersama warga setempat yang berdatangan membantu kami dalam evakuasi potongan pohon sehingga lebih mudah untuk dibawa ke tepian jalan dengan dibantu  truk dinas yang kami bawa,” kata Mufty.


Dalam kesempatan ini Pasiminlog Satgas juga mengimbau kepada masyarakat maupun pengguna jalan yang melintas agar tetap berhati-hati dengan kondisi cuaca yang memasuki musim hujan disertai angin kencang seperti saat ini, agar dapat terhindar dari kejadian pohon tumbang yang serupa. (Dispenad)