PORTALINDO.CO.ID - JAKARTA, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M.Tr. (Han) memimpin Apel Gelar Kesiapan Pasukan Latma Garuda Shield di Kodam VI/Mulawarman yang berlangsung di Lapangan Mayonif R 600/Modang.



Latihan tersebut merupakan latihan yang telah di programkan oleh TNI Angkatan Darat yang digelar di tiga daerah latihan yaitu di wilayah Kodam II/Swj, Kodam VI/Mlw dan Kodam XIV/Mdk akan diselenggarakan Agustus  mendatang.



Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam VI/Mlw, Minggu (25/7/2021), Pangdam mengatakan bahwa apel pengecekan kesiapan Latma Garuda Shield tersebut dimaksudkan untuk meyakinkan seluruh penyelenggara latihan, pelaku maupun pendukung latihan dari mulai sarana prasarana personel dan  unsur unsur yang terkain untuk mendukung kegiatan.


“Secara umum persiapan sudah baik  dan saya yakin mereka sudah siap untuk melaksanakan latihan,” ujar Pangdam


Menurutnya,  latihan tersebut merupakan latihan yang luar biasa karena  belum pernah dilaksanakan latihan dengan skala besar menggunakan pasukan yang cukup banyak antara TNI-AD dengan US Army dan Latma Garuda Shield 15/2021 merupakan pertama kali dilaksanakan di Kodam VI/Mulawarman.


“Khusus untuk latihan di wilayah Kalimantan Timur di Kodam VI/Mulawarman ini kita melibatkan Batalyon Infantery Raider 600/Modang kekuatannya untuk pelaku latihan sejumlah 120 orang dan unsur pendukung mungkin sekitar 50 sampai 100 orang dan ini semua nanti akan dilibatkan di latihan sarana prasarana mulai dari peralatan alat angkut kapal ADRI yang akan kita gunakan,” ungkapnya.


Lebih lanjut lagi Pangdam juga menjelaskan bahwa selama pelaksaan latihan mereka tidak berinteraksi dengan masyarakat luar sama sekali dan mereka hanya berinteraksi dengan pelaku latihan khususnya pelaku latihan dari batalyon dan unsur unsur pendukung pelatih dari Kodam VI/Mulawarman.


 “Karena latihan tersebut sudah direncanakan dengan sedemikian rupa agar mendapatkan manfaat dari materi tetapi juga tidak akan memberikan dampak yang lain kepada masyarakat,” pungkasnya.


Dalam latihan persiapan ini, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.  (Red-Pendam VI/Mlw)