PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA - Pangdam XVII/Cenderawasih yang diwakili oleh Kasdam XVII/ Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi membuka kegiatan pembekalan Personel Satuan BKO Kodim Persiapan Gelombang III tahap II di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih, bertempat Aula Serba Guna, Rindam XVII/Cenderawasih, Rabu (07/07/2021).



Dalam amanat Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi mengucapkan selamat datang kepada seluruh personel Satuan BKO Kodim Persiapan di Bumi Cenderawasih.


"Diharapkan dengan adanya Personel Satuan BKO Kodim persiapan ini dapat berperan dalam membantu mensejahterakan masyarakat yang ada di wilayah penugasan," jelas Kasdam XVII/Cenderawasih. 


Lebih lanjut, Kasdam XVII/Cenderawasih mengatakan bahwa di wilayah bagian Indonesia Timur khusus Provinsi Papua mempunyai wilayah cukup luas, sehingga akan dibangun Kodim dan Koramil baru namun jumlah personel masih sangat terbatas.


"Jadi untuk mengisi satuan baru di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih, Pimpinan TNI AD mengirimkan Personel Satuan BKO untuk membantu mengisi satuan baru tersebut," tambah Kasdam.


Kasdam XVII/Cenderawasih menegaskan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar dan optimal, maka personel Satuan BKO Kodim Persiapan akan dibekali dengan kemampuan dan keterampilan sebelum melaksanakan penugasan di wilayah masing-masing.


"Dengan adanya pembekalan, diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang kondisi wilayah, kultur budaya, adat istiadat dan bahasa yang ada di wilayah Papua, sehingga dapat mendukung kelancaran tugas Satuan BKO Kodim Persiapan," tegas Brigjen Bambang Trisnohadi. 



Di akhir amanat, Kasdam XVII/Cenderawasih menyampaikan beberapa hal untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas, antara lain agar senantiasa berdoa sebelum, saat dan setelah melaksanakan kegiatan, menghindari pelanggaran sekecil apapun, mempedomani ketentuan yang berlaku, jaga kedisiplinan dan jangan lengah serta tetap waspada agar selama bertugas dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses.


"Personel Satuan BKO harus senantiasa dekat dengan masyarakat dan mencintai masyarakat agar dapat mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. Selain itu kalian juga harus menjaga kesehatan dan mempedomani protokol kesehatan Covid-19 selama pembekalan," pesan Kasdam.


Sementara itu, usai membacakan amanat Pangda, Kasdam XVII/Cenderawasih kembali mengingatkan terkait beberapa masalah yang ada di Papua.


"Dengan kehadiran kalian selaku personel Satuan BKO Kodim Persiapan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi penyelesaian permasalahan di Papua," tutup Kasdam.


Turut hadir pada acara tersebut, Irdam XVII/Cenderawasih, Kapoksahli Pangdam XVII Cenderawasih dan Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih. (Dispenad)