PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memasuki usia yang ke-60 tahun, Senin (21/6/2021). Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, tak lupa menyampaikan ucapan selamat serta mengutarakan sejumlah harapan. 


Senator Jawa Timur itu mendoakan agar Jokowi selalu amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai Presiden. 


“Selamat ulang tahun Bapak Presiden, semoga sehat selalu dan semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraan,” ujarnya. 


LaNyalla pun mengaku optimis Presiden ke-7 RI tersebut akan membawa Indonesia segera keluar dari pandemi Covid-19. 


“Kita semua tahu Pak Jokowi mengerahkan segala upayanya untuk menangani pandemi Covid yang juga melanda Indonesia. Saya yakin, Bapak Presiden akan berjuang hingga titik penghabisan untuk membebaskan negara ini dari pandemi,” tuturnya. 


Untuk itu, ia meminta seluruh warga Indonesia memberi dukungan kepada Jokowi. Sebab menurutnya, dukungan dari rakyat akan membuat pemerintah terus berjuang memberikan pelayanan terbaik. 


“Berbagai kebijakan telah dibuat sejak pandemi melanda pada Maret 2020. Meski mungkin tidak semuanya ideal bagi masyarakat, tapi Bapak Presiden telah memberikan seluruh daya upayanya. Berbagai bantuan dan stimulus juga diberikan untuk masyarakat hingga sektor-sektor usaha,” kata LaNyalla. 


“Pak Jokowi juga melakukan sendiri upaya lobi-lobi agar Indonesia terus mendapat kuota vaksin Covid-19. Fasilitas dan kebutuhan di sektor kesehatan terus ditingkatkan. Maka berilah kepercayaan kepada presiden karena Pak Jokowi hanya ingin memberikan yang terbaik untuk rakyat,” sambung mantan Ketua Umum PSSI itu. 


Menurut LaNyalla, Presiden Jokowi bukan tokoh yang suka merayakan hari ulang tahun. Bahkan dalam beberapa kesempatan saat mendapat kejutan kue ulang tahun, Jokowi tidak meniup lilin dan hanya menepuknya dengan tangan. 


“Beliau memang orang yang sangat sederhana, tokoh yang lahir dari rakyat. Saya yakin banyak yang meneladani sikap  dan sifat sahaja beliau. Semoga ke depan akan muncul banyak generasi penerus yang mencontoh teladan Pak Jokowi,” ucap LaNyalla. 


Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961. Ia merupakan putra dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Jokowi kemudian menikah dengan Iriana di Solo, pada tahun 1986. 


Pasangan ini memiliki tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Jokowi sudah dikaruniai tiga orang cucu yakni Jan Ethes Sri Narendra, Sedah Mirah dan La Lembah Manah. 


Jokowi awalnya merupakan pengusaha mebel, yang memulai usahanya dari bawah hingga akhirnya sukses. Lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini kemudian mengawali karier di dunia pemerintahan dengan menjadi Wali Kota Surakarta. 


Jokowi juga tercatat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Tahun 2014, Jokowi terpilih sebagai presiden dan berpasangan dengan politikus senior Golkar, Jusuf Kalla. 


Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden RI setelah memenangi Pilpres 2019 lalu. Di periode keduanya sebagai presiden, Jokowi berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin.(*)