PORTALINDO.CO.ID, Jombang-AKPoch Mukid, SH. Serta tim gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub (Dinas Perhubungan) Jombang melakukan patroli skala besar dan pembagian masker gratis dalam rangka pencegahan  penyebaran Covid-19 serta premanisme, Senin (14/6/2021) malam.



Patroli difokuskan ke titik-titik yang diindikasikan adanya kerumunan. Hal ini seperti yang dilakukan AKP Moch Mukid di pagi hari pada hari yang sama saat patroli ke toko hingga swalayan di Jombang.



Operasi yang gabungan yang melibatkan 30 personel ini dipimpin Kasat Resnarkoba Polres Jombang AKP Mochamad Mukid. Mereka berangkat dari pendapa Pemkab Jombang pada pukul 20.50 WIB. Sejumlah titik langsung disisir oleh tim gabungan tersebut.


Titik yang pertama adalah terminal Kepuhsari di Desa Keplaksari Jombang, lalu ke titik selanjutnya di warung-warung kopi sekitaran Fly Over peterongan.


Hasilnya, masih banyak warung kopi yang pelanggan mereka tidak mematuhi prokes. Tim gabungan bersikap tegas untuk menegur serta memberi himbauan serta didikan tentang pentingnya mematuhi prokes.


“Warung dan kafe yang melanggar protokol kesehatan, langsung kami tegur. Kami harap tempat seperti ini juga menyediakan tempat cuci tangan hingga sekat-sekat agar tidak terjadi kerumunan". kata Mukid.


Untuk para pelanggar prokes yang terjaring akang diberi teguran hingga hukuman fisik seperti push-up. Untuk pelanggar prokes yang tidak memakai masker dan teguran lisan yang tidak memperhatikan social distancing.


"Dari hasil patroli, kami mendapati total 20 orang pelanggar prokes, 11 orang mendapat saksi di tempat karena tidak membawa masker serta 9 orang mendapat teguran karena tidak memerhatikan sosial distancing." Pungkas Mukid.


SJK