PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA -  Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama., S.I.Kom.,M.M, mengapresiasi upaya Kodim 0709/Kebumen beserta jajarannya dalam menciptakan sinergitas dengan Forkopimda Kebumen khususnya dalam menyikapi permasalahan Lapangan Tembak yang menjadi hak pakai milik TNI AD di Urut Sewu, Kebumen, Jawa Tengah.



Hal tersebut disampaikan Kadislitbangad dalam keterangan tertulisnya saat mengunjungi Kodim 0709/Kebumen pada Kamis (3/6/2021).



Dijelaskan Kadislitbangad, pihaknya sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan Dandim  0709/Kbm Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, S.E., M.M., beserta jajaran Koramil khususnya Koramil wilayah Urut Sewu di sekitar Lapangan Tembak dengan melaksanakan Binter secara masif dan terprogram. Seperti pengecatan Masjid, memberikan bantuan karpet ke Masjid Al Barokah dan membagikan sembilan bahan pokok (Sembako) secara rutin kepada masyarakat membutuhkan serta membantu biaya administrasi untuk pembuatan sertifikat sesuai program PTSL kepada masyarakat yang kurang mampu yang berbatasan langsung dengan GG2.



"Ini adalah salah satu langkah positif dalam menciptakan sinergitas dengan Forkopimda Kebumen khususnya dalam menyikapi permasalahan Urutsewu,"   ujarnya.


Selanjutnya Kadislitbangad juga menambahkan langkah-langkah yang dilakukan Dandim, yang bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kebumen dan Kepala Perwakilan Dislitbangad Ambal Kebumen Mayor Cpl Sutarjo dalam upaya menangani persertifikatan Lapangan Tembak tersebut sangat tepat sebagai upaya terus mendekatkan TNI dengan Rakyat. Karena tidak ada permusuhan antara masyarakat dengan TNI, malah kebersamaan TNI berjuang bersama rakyat merupakan sejarah yang tidak boleh dilupakan, sehingga rakyat merupakan ibu kandung TNI.


"Saya berharap kepada seluruh anggota Kodim 0709/Kbm dan perwakilan Dislitbangad di Ambal agar paham dan bisa mempertahankan kepercayaan rakyat, karena kemanunggalan TNI dan rakyat merupakan kekuatan strategis pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ungkapnya.


"Untuk itu berikan pemahaman dan sosialisasi pendekatan secara persuasif berkaitan dengan Lapangan Tembak Urutsewu Kabupaten Kebumen adalah milik negara yang hak guna pakainya adalah TNI AD bukan untuk kepentingan perorangan atau kelompok tapi untuk kepentingan pertahanan negara yang dipercayakan bangsa dan negara melalui TNI AD," tegasnya.


Sementara itu Dandim 0709/Kbm Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, mengungkapkan rasa  syukur dan berterima kasih kepada Kadislitbangad yang berkesempatan berkunjung ke Kodim 0709/Kbm, ini menjadi hal yang luar biasa. 


"Keluarga besar Kodim 0709/Kbm mengucapkan terima kasih dan rasa hormat atas kedatangan Kadislitbangad sehingga menambah motivasi dan support dalam memacu percepatan persertifikatan Lapangan Tembak Urut Sewu Kabupaten Kebumen hingga tuntas sesuai apa yang diharapkan oleh pimpinan TNI AD," ujarnya.

 

Hadir dalam kegiatan Kunjungan ke Kodim 0709/Kbm antara lain Pa Ahli Matut  Kolonel Inf Slamet Riyanto, S. Ag., M.M.,  Kepala Laboratorium Dislitbangad Bandung Kolonel Inf Fifin Zuldi, Kabagpam Setdislitbangad Letkol Arh Abdul Cholik, S.H., M.H., Kabagter Setdislitbangad Letkol Inf Asep Hidayat, S.E.,  Kasipambragiat Bagpam Dislitbangad Mayor Cpm Ahmad Darodi. ( (Dispenad).