Portalindo.co.id, Jayapura – Korem 172/PWY menggelar komunikasi Sosial (Komsos) dengan Keluarga Besar TNI dari FKPPI, PPM dan Hipakad bertempat di Aula Makorem, Abepura, Kota Jayapura, Selasa (22/6). Dengan mengambil tema “Perkuat Pancasila Sebagai Alat Pemersatu Bangsa dalam Rangka Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI”.




Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan bahwa kegiatan komsos tersebut bertujuan untuk membangun pemahaman yang sama tentang penanganan Permasalahan yang belum tuntas di tanah Papua.




Danrem mengingat, bahwa pemerintah saat ini sedang berupaya untuk memacu pembangun di Papua. “Pembangunan infratruktur sedang digalakkan oleh pemerintah, melalui otonomi khusus (otsus). Tentunya harus dibarengi pula dengan membangun generasi penerus bangsa yang berkualitas, yang perpegang teguh kepada pancasila sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Danrem.


Lebih lanjut Danrem mengatakan, generasi muda Papua harus paham dan yakin bahwa Papua adalah bagian integral dari NKRI dan itu sudah final. Tidak perlu dipermasalahkan lagi sebab telah melalui proses yang ditentukan oleh PBB.


“Pancasila mengakar pada karakter bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama dan ras, sehingga merupakan perekat dari perbedaan yang ada. Kita berharap generasi muda Papua dapat mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya dalam menjaga stabilitas keamanan di tanah Papua”, tutur Danrem 172/PWY.


Brigjen TNI Izak Pangemanan juga mengatakan kegiatan ini juga sebagai upaya Korem 172/PWY untuk mengarahkan generasi milenial Papua, agar tidak salah melangkah dalam menghadapi tantangan global yang terus berkembang.


Sementara itu, Ketua PD XXIV Kb FKPPI Provinsi Papua Anwar Santoso  mengatakan, bahwa dalam pertemuan ini banyak hal perlu ditindaklanjuti, khususnya dalam mendorong generasi muda Papua, agar memahami nilai-nilai yang terkandung dalam 5 sila Pancasila dan mampu untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 


“Saya berterima kasih kepada Korem 172/PWY yang terus melaksanakan komunikasi dengan Keluarga Besar TNI. Mari kita terus berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan yang belum tuntas  di tanah Papua ini”, ujarnya. (Penrem 172/PWY)