PORTALINDO CO.ID, BARABAI - Anggota Koramil 1002-08/Labuan Amas Utara bersama warga masyarakat desa Awang Mahang Sungai Buluh RT.001 RW.001 Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) dan warga Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melakukan perbersihan aliran sungai dari sampah, Rabu (30/06).




Bahu membahu anggota Koramil 08/Labuan Amas Utara bersama warga masyarakat mengangkat tumpukan sampah dari ranting-ranting pohon akibat penyempitan dan pendangkalan sungai. Pasalnya, tumpukan sampah tersebut membuat pampan aliran sungai dan mengakibatkan air sering meluap ke jalan dan rumah masyarakat.


Disela-sela kegiatan pembersihan sungai tersebut, Camat LAU H. Jamhari mengatakan bahwa warga masyarakat bersama TNI-Polri bekerjasama mengatasi malasah tersebut.


“Kita hari ini melakukan gotong royong pembersihan aliran sungai sepanjang kurang lebih 2 kilometer bersama TNI-Polri dan warga masyarakat,” katanya.


Diketahui, Sungai yang dibersihkan tersebut merupakan sarana lalulintas warga Kecamatan LAU dan Pandawan dalam membawa hasil panen dan juga sumber penghasilan bidang perikanan (ikan).


Dalam kesempatan ini, kami sangat mengapresiasi kinerja TNI dalam hal ini anggota Koramil 1002-08/Labuan Amas Utara yang selalu hadir dalam membantu rakyat dalam segala bidang, salah satunya kegiatan gotong royong pembersihan aliran sungai yang kita laksanakan hari ini. Semoga TNI selalu dicintai rakyat,” ucap Camat.


Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada anggota Polri melalui Polsek Labuan Amas Utara yang juga ikut serta dalam kegiatan gotong royong.


Sementara itu, Danramil 1002-08/Labuan Amas Utara Kapten Inf Lilis Sutanto mengatakan, sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kami sebagai TNI yang selalu hadir ditengah-tengah Rakyat untuk membantu kesulitan rakyat.


“Diminta atau tidak dimintapun kami akan selalu hadir membantu kesulitan rakyat,” ucap Danramil.


Lebih lanjut, kegiatan ini juga sesuai dengan amanah 8 Wajib TNI pada butir ke delapan yang berbunyi "Menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelikingnya". hal ini kami lakukan guna memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat,"tegas Danramil.(pendim1002).