PORTALINDO.CO.ID, Jombang-Bupati Hj. Mundjidah Wahab, dan Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, meresmikan kampung tangguh bersih narkoba di Balai Desa Candimulyo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Rabu (16/6/2021) siang.



Selain Bupati dan Kapolres Jombang, acara tersebut juga dihadiri Kepala BNN Mojokerto AKBP Suharsih,SH., Kalapas Jombang Mahendra sulaksana, SH., dan  Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho SIK., Kasat Narkoba Mochammad Mukid,SH.,


Bupati dalam sambutannya, meminta agar masyarakat bisa lebih tanggap terhadap bahaya narkoba di desa masing-masing.


Dan berharap dalam melaunching Kampung Tangguh Bersih Narkoba menjadi acuan di kecamatan lain. Agar mampu mengatasi masalah narkoba di daerah nya.


“Selain dari instansi terkait, semua masyarakat Jombang juga harus berperan penting untuk melaporkan dan menghimbau ke pemuda-pemuda yang rentan terhadap narkoba” Tutur Bupati.


“Alhamdulillah semua desa di Kabupaten Jombang sudah ada kampung tangguh, namun ini desa pertama yang menerapkan tangguh bersih narkoba,” ungkap Hj. Mundjidah (Bupati Jombang) setelah melaunching acara tersebut.


Nantinya kampung tangguh ini juga akan diterapkan di seluruh desa se-Kabupaten Jombang, Meskipun sebelumnya kampung tangguh telah ada namun berfokus dalam penanganan Covid-19.


Bupati memaparkan bahaya narkoba yang dapat merusak generasi bangsa dan masuk dalam kejahatan luar biasa. Menurut Bupati, hal ini tidak bisa diselesaikan oleh aparat hukum sepenuhnya, namun harus bekerja sama dengan instalasi terkait serta masyarakat.


“Narkoba ini bisa menyerang semua elemen dari yang berpendidikan tinggi maupun tidak berpendidikan, karena menimbulkan kenikmatan semu atau sesaat,” jelasnya.


Sementara itu kepala BNN Mojokerto,  menuturkan bahwa BNN dan Polres Jombang sudah bersinergi untuk menjalin kerjasama agar dapat menanggulangi dan menangani kasus Narkotika.


“Semua harus bergandengan tangan untuk bersih dari narkoba, terutama fokuskan ke remaja yang rentan mengkonsumsi bahkan bertransaksi narkoba” katanya.


Dengan adanya kampung tangguh bersih narkoba harapannya, ke depan, semoga seluruh desa di Kabupaten Jombang bisa bersih dari narkoba.


Di tempat yang sama, Kasat Narkoba AKP Moch Mukid SH. Melakukan uji tes urin pada Perangkat Desa Candimulyo.


Karena sample uji tes urin bagi perangkat desa sebagai wujud dalam bentuk ikut pemberantasan narkoba”, Jelasnya.


Perangkat yang di tes urin yakni, Kaur, Sekdes, Bendes, Kasun, setelah di ambil air kencingnya yang di masukkan ke dalam kaleng kecil.


Kemudian menunguh 15 detik hasil uji tes tersebut sudah muncul di alat tes urin. Dan alhamndulillah hasilnya negativ semua.


(Angga)