Rumah ibu Ooy saat di bongkar oleh Satgas dan warga untuk di bangun kembali  rumah yang layak dalam progran bedah rumah oleh TNI Manunggal membangun Desa (TMMD).

PORTALINDO.CO.ID, CIANJUR - Rasa syukur terus menerus diucapkan seorang ibu paruh baya bernama Ooy (70), Warga Kampung Sinarlayung RT 02/0, Desa Ciandam, Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Selasa (22/6).




Rumah panggung dari bilik yang sudah dihuni puluhan tahun tersebut, di bongkar rata oleh Satgas dan warga. Karena, akan dibangun kembali rumah yang lebih layak lagi di Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 tahun 2021 Kodim 0608/Cianjur.



Sambil memperhatikan rumahnya yang tengah di rehab, Ooy berdoa dan mengucapkan terima kasih kepada anggota TNI. Sesekali, pipinya dibasahi tetesan air mata karena bahagia.


Ooy mengaku, rumah yang sudah puluhan tahun reyod tersebut, baru kali ini dibangun. Bahkan, Ooy yang sudah memiliki lima orang anak tersebut, tak mampu membangunkan. 


“Boro-boro ngabangun, jang maranehna oge masih kakurangan. Jangan kan untuk membangun rumah, buat sehari-harinya juga mereka masih kekurangan,” ujar Ooy sambil meneteskan air matanya.


Awalnya, dirinya tidak percaya dengan kabar jika dirinya salah satu rumah yang akan diperbaiki. Namun, Ooy terus berdoa dan berharap mimpi memiliki rumah bagus bisa tercapai.


“Kabarna ti pak RT, bumi ema bade dibangun, tapi duka leureus duka henteu, mung ema terus ngadoa tiap weungi, mudah-mudahan jadi kanyataan. “Kabar akan dibangun dari Pak RT, bahwa Rumah Ema akan dibangun, tapi tidak tau benar apa bohong, namun Ema Ema terus berdoa tiap malam mudah-mudahan jadi kenyataan,” katanya.


Sebelum rumahnya dibangun, Ooy bercerita jika setiap hujan turun, atap rumahnya selalu bocor. Bahkan, karena tidak ada lelaki dirumahnya, dirinya sendiri yang membetulkan. “Lamun hujan, Ema nu naek ka para, da teu aya pameugeut. Kalau hujan turun, Ema yang naik ke atap tumah, karena tidak ada lelaki disini,” tuturnya.   


Selain itu, tutur Ooy, rumah panggung dari bilik tersebut selain dihuni dirinya, juga dihuni oleh hewan. Kata dia, dirinya selalu muntah jika akan makan, karena mencium aroma bau kotoran kucing dibawah rumahnya. 


“Di handap bumi pan kolong, jadi seueur ucing, jadi ema sok sebel mun bade tuang da bau. Di bawah rumah kan ada kolongnya, jadi banyak kucing, sehingga Ema suka mual kalau mau makan karena bau,” ungkapnya.


Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang sudah membangun rumahnya tersebut. “Terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 0608/Cianjur, yang sudah membangun rumahnya, karena saya sudah bahagia, mudah-mudahan bapak tentara juga ikut senang, dan cita-cita yang bapa tentara harapkan semoga tercapai,” harapnya.


"Hari ini kita melakukan plester dan mengaci tembok kamar tengah dan kamar depan. Hampir mencapai rata rata 73%, hal ini tidak lepas dari kontribusi warga masyarakat setempat yang ikut membantu,” ungkap  Koordinator pembuatan Rutilahu TMMD Ke-111 Kodim 0608/Cianjur, Kapten Inf Dadang Rochmawan.


Sekedar diketahui, Program TMMD ke 111 tahun 2021 di Desa Ciandam, terdapat sejumlah sasaran fisik, yakni pengecoran jalan, pembuatan Rutilahu, MCK, gorong-gortong, dan rehab masjid. (Pendim 0608/Cianjur/ria)