Portalindonews.com Jombang - TNI Manunggal Masyarakat Desa ( TMMD ) yang ke -111 Tahun 2021 di Desa Manungkerep, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur resmi di buka.


TMMD dibuka oleh Bupati Jombang Mujidah Wahab, Didampingi Danrem 082/CPYJ, Pamen Ahli Pangdam V Brawijaya dan Dandim 0814 dan Dansat Radar 222 dengan di tandai pemukul gong oleh Bupati sebagai resmi di bukanya TMMD 111 tahun 2021 di desa Munungkerep. Selasa, 15 Juni 2021.


Dandim 0814 Letkol Inf. Triyono selaku Satgas TMMD mengatakan, kegiatan TMMD merupakan salah satu wujud operasi bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral dan dilaksanakan secara terintegrasi antara pemerintah Daerah, TNI, dan masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya yang tergolong tertinggal, terisolasi, ataupun daerah yang terkena dampak akibat bencana.


“Tujuan utama program TMMD ialah pemerataan pembangunan nasional untuk lebih sejahtera, adil, dan gotong royong (partisipatif), serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan masyarakat. Penyelenggaraan TMMD, merupakan penguatan pembangunan masyarakat melibatkan kelompok masyarakat, yang didukung peran lembaga pemerintah melalui model pendekatan pembangunan partisipatif, masyarakat berpartisipasi sebagai pelaku utama melaksanakan program ini, maka masyarakat menggunakan seluruh kapasitas dan perannya untuk terlibat dalam serangkaian pembangunan."Terang Dandim.


Hadir dalam pembukaan TMMD yakni, Pamen Ahli Pok Sahli Pangdam V/Braw Bidang Jemen Sishaneg Kolonel Inf. Dodi Triharyono, Danrem 082/CPYJ, Kol.Inf. M. Dariyanto selaku Penanggung jawab Keberhasilan Pekerjaan (PKP) TMMD, Dandim 0814 Letkol Inf. Triyono selaku Satgas TMMD, Dansat Radar 222 Letkol Lek Yudi Amrizal serta Wakapolres Jombang, Kompol Arie Trestiawan, serta perwakilan Kejaksaan Negeri, Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang, tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah Kabuh.


Dalam program kegiatan TMMD ini selain membangun Fisik juga Non Fisik. Antara lain dibangun MCK 5 unit, Rehab Rumah Tidak Layak Huni 7 Unit, Pembuatan Jalan Rabat Beton Panjang 100 m, Lebar 3 m, Tinggi, 0,20 m di dusun Munungkerep, serta Renovasi Masjid Al Annur. 


Untuk Pembangunan Non Fisik berupa Penyuluhan KB, Penyuluhan Peternakan, Penyuluhan Penghijauan, Penyuluhan Koperasi dan UKM, Penyuluhan Hukum, Penyuluhan Kamtibmas dan Narkoba, Penyuluhan Bela Negara, dan Penyuluhan Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat.


“Semua kegiatan ini kita laksanakan sinergi dan gotong royong antara TNI dan seluruh Instansi terkait baik OPD dilingkup Pemkab Jombang, seperti BPBD, DLH, Kabag Hukum, Dinas Peternakan, BPPKB, Dinas Kesehatan, Perhutani, juga Polres," papar Dandim 0814 Letkol Inf. Triyono.



Di tempat yang sama Danrem 082/CPYJ, Kol.Inf. M Dariyanto sebagai Penanggung jawab Keberhasilan Pekerjaan (PKP) TMMD mengucapkan terima kasih atas sinergitas bersama untuk menurunkan tingkat kemiskinan melalui TMMD yang akan dilaksanakan selama 30 hari, dan akan berakhir pada 14 Juli 2021. 


”Saya ucapkan terima kasih atas sinerginya dan untuk itu mohon dukungan Camat, Kades setempat untuk guyub rukun membangun fisik juga non fisik desa Munungkerep, Kecamatan Kabuh sebagaimana salah satu nawacita yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran”, tandasnya.


Kol.Inf. M Dariyanto juga berpesan, agar masyarakat Kabupaten Jombang tidak abai dan tetap disipilin melaksanakan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19.


“Saat ini kasus Covid 19 mulai trennya meningkat lagi. Kecamatan Jombang yang kemarin sudah Kuning kini menjadi oranye, jangan lengah jangan abai, tetap selalu melaksanakan Protokol Kesehatan”,tutur Danrem.


Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada seluruh personil TMMD ke – 111 tahun 2021, baik dari jajaran Kodim 0814, Polres Jombang, Satradar 222 Jabuh, aparatur Pemerintah Desa dan warga Desa Munungkerep Kecamatan Kabuh, sehingga terlaksana pembukaan TMMD ke -111 tahun 2021. Bupati berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kebersamaan, kerjasama dan sinergitas semua pihak dan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Munungkerep.


Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang ini juga meminta kepada para OPD di lingkup Pemkab Jombang ikut terlibat dan mendukung dalam pelaksanaannya, sehingga program TMMD dapat berjalan dengan sukses. 


“Program TMMD menjadi kebangaan bagi masyarakat Kabupaten Jombang yang berada di lokasi sasaran, selain adanya pembangunan infrastruktur, Bupati juga berharap adanya akses internet sebagai sarana informasi bagi masyarakat”, tandas Bupati Mundjidah Wahab.


Masih kata Bupati, Sekali lagi terima kasih kepada Kodim/0814 yang telah membantu Pemkab Jombang dalam membangun desa-desa diwilayah pelosok melalui program TMMD. Dengan program TMMD, masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Untuk itu Saya meminta kepada Kepala Desa Munungkerep, Kecamatan Kabuh untuk bisa mengajak masyarakatnya bergotong-royong, guyub rukun menyukseskan program TMMD ini,"urainya


Bupati Jombang Hj. Munjidah Wahab juga melakukan Penanda tanganan Naskah Hibah Daerah dari Bupati ke Dandim 0814 selaku Satgas TMMD Letkol Inf. Triyono. Sekaligus menyerahkan secara Simbolis Alat Kerja, meninjau UMKM, Baksos Donor Darah oleh PMI, Baksos Pengobatan Masal, dan Peletakan batu pertama RTLH.


Kepala Desa Munungkerep mengatakan, “Atas nama pemerintah Desa kami beserta perangkat Desa mengucapkan terimakasih kepada TNI AD yang diwakili Danrem 082/CPYJ, Dandim 0814 dan Pamen Ahli Kodam V Brawijaya, karena TMMD keke-111 tahun 2021 di Desa Munungkerep. Semoga bantuan dari TMMD ini bermanfaat untuk kemajuan Desa kami,” pungkas Sutrismi Kades perempuan di kecamatan Kabuh.

(ruroh).