PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA -  Pentas seni yang diselenggarakan oleh Komunitas Mahasiswa Papua Lombok (Kompak) dengan mengusung tema "Merajut Seni yang Menyejukkan, Menyemai Perdamaian dan Persatuan Bangsa" di Taman Budaya Kota Mataram, Senin (31/5) mendapat apresiasi dari Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., yang hadir bersama Forkopimda NTB yang lainnya.



Menurut Danrem 162/WB, di tengah pendemi Covid-19 yang sedang dihadapi bersama, mahasiswa yang tergabung dalam Kompak masih bisa menyelenggarakan pentas seni dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.


“Ini sangat luar biasa dan ini baru pertama kali dilakukan di Lombok oleh adik-adik mahasiswa Papua di NTB ,” ungkapnya.


Dijelaskannya, Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau, berbagai suku dan agama, etnis, adat istiadat, warna kulit, rambut dan lainnya mampu hidup berdampingan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 


Ditambahkan, Bangsa Indonesia berdiri di atas keberagaman, namun tidak menjadikannya sebagai hambatan ataupun rintangan untuk bersatu padu, bahkan keberagaman dan perbedaan dijadikan sebagai kekuatan untuk  membangun Indonesia Emas yang maju dan solid serta hidup menjunjung tinggi toleransi serta saling menghormati dan menghargai satu sama lain, sehingga tidak sedikit bangsa-bangsa di Eropa dan Amerika yg ingin belajar di Indonesia untuk mempersatukan perbedaan yang mereka miliki.


"Alhamdulillah kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat sinergitas TNI Polri dalam membina adik- adik mahasiswa di NTB khususnya mahasiswa Papua, selain itu juga menunjukkan kepada publik nasional dan internasional bahwa secara umum masyarakat Papua cinta damai dan tetap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yg berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang mampu merekatkan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia dari  Sabang sampai Marauke dan dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote, " ujarnya.


Jenderal Bintang Satu itu juga meminta kepada para mahasiswa di NTB untuk lebih meningkatkan silaturahmi dlm bentuk kegiatan kegiatan positif dengan TNI, Polri dan Pemda NTB, karena Indonesia akan kuat apabila kita seluruh komponen Masyarakat bersatu padu membangun bangsa dengan hal-hal yang positif. Ditambah lagi dengan tercipta hubungan komunikasi yang harmonis dan kompak dalam bingkai Persatuan dan Kesatuan Bangsa,” tutupnya penuh semangat.


Sedangkan Ketua Karateker Kompak Ervin Yanpiet Aiebekop dalam sambutan singkatnya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta undangan yang hadir mendukung acara pentas seni dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila.


“Pentas seni ini sebagai ajang silaturahmi untuk lebih mempererat persatuan dan kesatuan bangsa ke depan,” pungkasnya.


Acara dilanjutkan dengan penampilan seni Tari Siarmale Sumbawa, Tari Gandrung Sasak dan tarian perdamaian Papua, berikut foto dan tarian bersama sebagai soft launching Komunitas Mahasiswa Papua Lombok (Kompak).


Di akhir acara Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada perwakilan anggota Kompak NTB sebagai wujud silaturahmi keluarga besar Korem 162/WB dengan Kompak.


Acara ini juga dihadiri Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal, S.I.K., Kabankesbangpol NTB Lalu Abdul Wahid, Kasi Intel Kasrem 162/WB Kolonel Inf Setiya Asmara bersama Dirintel Polda NTB Kombes Pol Sutrisno HR, Dirnarkoba Polda NTB Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Rauf, Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi S.I.K., serta perwakilan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Mataram. (Dispenad)