PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA - Menindaklanjuti perintah Pimpinan TNI AD yakni Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa untuk memenuhi kebutuhan para prajurit dan keluarganya dalam hal membina fisik guna mewujudkan kesegaran jasmani dan terpeliharanya kesehatan, Kodam XVIII/Kasuari telah membangun lapangan olah raga 4 In One M.S Rumagesan, yang diresmikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han), pada Jumat (21/5/2021) minggu lalu.



Dalam rilis tertulis Penerangan Kodam XVIII/Kasuari, Jumat (28/5/2021) disebutkan bahwa M.S Rumagesan yang diabadikan sebagai nama lapangan tersebut, adalah nama sosok seorang pejuang integrasi kembalinya Papua ke NKRI, yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada Hari Pahlawan 10 November 2020.



Lapangan yang menjadi sport center dari Kodam yang bermarkas di jalan Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat ini, terdiri dari dari empat lapangan olah raga yaitu lapangan Volly, Tenis Lapangan, Basket, dan Kalestinik (samapta B). 



Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) mengungkapkan bahwa lapangan olah raga 4 in One ini bisa dibuat karena segenap warga Kodam XVIII/Kasuari kompak, bersatu, dan saling bahu-membahu sehingga dengan keterbatasan yang ada dapat mewujudkan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin.


"Kita, Kodam ini harus membuat lompatan-lompatan untuk mengejar ketertinggalan kita dengan Kodam yang lain. Kalau kita tidak membuat terobosan-terobosan seperti ini, kita tidak akan maju dan dapatkan prajurit-prajurit yang memiliki fisik yang bagus, kita tidak akan memiliki prajurit atlet-atlet terbaik," ungkapnya saat meresmikan lapangan olah raga tersebut pada Jumat (21/5/2021) lalu.


Pangdam juga mengharapkan, dengan hadirnya lapangan olah raga ini dapat menumbuhkan dan memperkuat rasa kebersamaan, meningkatkan semangat dan moril, serta menumbuhkan jiwa korsa dan rasa mencintai satuan dari seluruh prajurit dan PNS TNI di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari.


"Kita juga ingin, kalian semuanya menjadi bangga dan senang berdinas di Kodam XVIII/Kasuari ini. Untuk itu saya harapkan dengan adanya lapangan ini kalian semakin cinta dengan satuan ini, semangat dan morilmu harus tinggi serta tumbuhkan nilai kebersamaan, silaturahmi, bergaul, bergumul, bertarung agar tumbuh jiwa korsa,” ujar Pangdam.


“Kalian harus cintai Kodam ini, karena kita besar dan dapat gaji di sini, masa depan dan pangkat kita pertaruhkan di sini," tegas dan pungkasnya. (Dispenad)