Portalindo.co.id, Jakarta - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kelurahan Tanjung Duren Selatan menggelar sosialisasi dan pendalaman pendataan warga penduduk non permanen dan penduduk permanen, secara daring melalui aplikasi zoom meeting di sekretariat Aula RW. 06 Jl. Tanjung Duren Timur RT. 08/06 Kelurahan Tanjung Duren Selatan Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat. Kamis (27/05/2021).


Lurah Tanjung Duren Selatan Halimi S.IP Mengatakan, sosialisasi ini bertujuan agar data dan informasi penduduk non permanen dan penduduk permanen tersedia secara akurat, lengkap, mutakhir serta mudah diakses melalui aplikasi "Data Warga".


Saya minta kepada pengurus RT/RW hingga Dasawisma agar supaya benar-benar mengikuti dan fokus dalam sosialisasi penduduk non permanen dan penduduk permanen melalui aplikasi datawarga-dukcapil.jakarta.go.id, jelasnya.


Kasatpel Dukcapil Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Fadtheland Mustofa menambahkan, Tujuan pendataan melalui Data Warga ini untuk mengetahui secara rinci jumlah penduduk Jakarta yang mudik dan pendatang ke Jakarta. Dinas Dukcapil DKI Jakarta juga telah menambahkan kolom khusus di aplikasi tersebut seperti waktu berangkat mudik dan kembali ke Jakarta.


Untuk warga Jakarta yang mudik terus datang kembali ke Jakarta tetap didata untuk mengetahui jumlah warga Jakarta yang mudik. Kemudian, ada juga kolom tambahan bukti swab antigen atau PCR pada aplikasi Data Warga ini untuk mengetahui kondisi kesehatan warga pemudik maupun pendatang pasca lebaran. Sehingga, pengurus RT/RW setempat dapat melakukan langkah dan upaya antisipasi dalam rangka mencegah penularan Covid-19. Ujarnya.(*)