PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA - Untuk meningkatkan kerja sama dalam memberikan edukasi dan informasi ke warga perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY mengunjungi Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Atambua.



Wadan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY Mayor Inf Aditya Nugraha, S.IP., yang memimpin kunjungan pada Senin (12/4/2021) itu, mengatakan bahwa kunjungan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga silaturahmi dan kerja sama antara Satgas dengan elemen bangsa lainnya dalam menjaga kedaulatan negara serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan tersebut.


“Selama ini sudah terjalin dengan baik, sehingga dengan kunjungan ini kerja sama tersebut dapat kita tingkatkan agar masyarakat bisa memperoleh berita atau informasi terkait dengan kondisi terkini wilayah perbatasan RI -RDTL,” katanya.


Lebih lanjut disampaikan, dalam melaksanakan tugasnya selain menjaga keamanan perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY juga menggelar pembinaan teritorial yang dilakukan oleh 20 pos jajaran Satgas, seperti pengobatan gratis, pelayanan posyandu, membantu mengajar di sekolah-sekolah, dan lain-lain.


“Jadi masih banyak lagi hal-hal positif yang diberikan kepada masyarakat, tentunnya ini tidak bisa kami lakukan sendiri karena perlu kerja sama dan bantuan komponen bangsa lainnya, seperti RRI,” ujar Wadan Satgas.


Sementara itu, Kepala Kantor RRI Atambua Iwan Martono saat menerima kunjungan Satgas Yonif 742/SWY mengatakan bahwa pihaknya siap melanjutkan dan meningkatkan kerja sama dan sinergitas yang sudah terbangun dengan baik serta akan menyiapkan waktu khusus kepada Dansatgas dan Wadansatgas untuk siaran langsung untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.


“RRI Atambua siap mendukung kegiatan Satgas dengan siaran live seperti yang sudah dilakukan setiap hari Senin pukul 16.00 Wita sampai dengan selesai dengan program dialog interaktif dialog interaktif "Lintas Batas" dan program "Jendela Sehat" yang melibatkan dokter Satgas,” ucapnya. 


Selain itu, Iwan Martono menyampaikan untuk mengembangkan kerja sama ini, ke depan RRI bersama instansi terkait akan mengadakan siaran dari lokasi pos-pos jajaran Satgas Yonif 742/SWY.


“Ini nanti akan dijadikan sebagai program siaran langsung dari lokasi dengan para Danpos atau Dankipur wilayah perbatasan, ini akan lebih seru,” pungkasnya. (Dispenad)