PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA - Guna meningkatkan kegemaran membaca pada masyarakat di perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY bersama Gereja Paroki Stella Maris membangun rumah baca rumah literasi di Atapupu Kabupaten Belu, NTT.




Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro seusai meninjau pembangunan rumah literasi tersebut, Selasa, (21/4/2021).


Dijelaskannya, rumah literasi ini lahir dari ide dan keinginan tokoh Gereja Paroki Stella Maris Romo Yoris Giri untuk membuat taman baca untuk mendekatkan dan memudahkan akses berbagai buku bacaan sehingga mendorong masyarakat perbatasan untuk gemar membaca.


“Dari ide inilah, kita (Satgas) di bantu masyarakat dan pihak Gereja Paroki Stella Maris Atapupu, bergotong royong melakukan pembangunannya,” kata Dansatgas.


Lebih lanjut Dansatgas menjelaskan bahwa pembangunan pembangunan rumah literasi sudah mencapai 15 persen, dengan telah menyelesaikan pekerjaan pondasi, dan berharap agar kelanjutan pembangunannya dapat berjalan dengan lancar dan aman serta dapat diselesaikan  dengan cepat. 


“Pembangunannya sudah mencapai 15 persen, saat ini sedang melaksanakan pembuatan pagar keliling untuk mencegah masuknya hewan-hewan ternak milik masyarakat ke lokasi pembangunan,” ujarnya.


“Semoga dalam waktu dekat bangunannya jadi dan diresmikan sehingga langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Dan kita juga akan membantu mendatangkan beberapa buku bacaan untuk rumah literasi ini,” lanjutnya.


Sementara itu, Romo Yoris Giri mengucapkan terima kasih atas respons positif Dansatgas Pamtas dalam pembuatan rumah literasi untuk masyarakat Atapupu. Dirinya berharap kehadiran rumah literasi ini memudahkan masyarakat terutama anak-anak sekolah akan keberadaan berbagai literatur yang mendukung bertambahnya pengetahuan bagi mereka.


"Ini luar biasa, kami mendukung penuh pembangunan ini karena manfaatnya ke depan sangat bagus untuk mencetak generasi manusia yang gemar membaca," tutupnya. (Dispenad)