PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA  -  Seleksi Calon Tamtama Prajurit Karier gelombang I TA. 2021 yang dilaksanakan di seluruh Rindam ditambah dua Korem yaitu Korem 032 Padang dan Korem 152 Babullah Ternate, mulai dari tanggal 22 Maret sampai dengan 17 April 20121. 



Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Jasmani TNI AD Brigadir Jenderal TNI Khairul Anwar M. S.H., M. Tr.(Han) memerintahkan kepada jajarannya agar menyiapkan personel yang terbaik sebagai tim seleksi pusat sesuai dengan perintah dari komando atas.


Dalam keterangan tertulis Disjasad, Kamis (1/4/2021)  Kadisjasad  memerintahkan kepada seluruh personel yang terlibat dengan kegiatan tersebut agar menyiapkan diri, peralatan dan referensi yang dibutuhkan. 


"Laksanakan kegiatan seleksi dengan profesional, objektif, akuntabel dan sajikan data yang valid agar didapat calon prajurit yang terbaik sesuai dengan postur Angkatan Darat, " ujarnya. 


Kadisjasad menegaskan agar seluruh personel tim tidak  bermain dengan data karena hal itu sangat merugikan baik itu calon maupun hasil yang nantinya di inginkan oleh Angkatan Darat. 


 Brigjen TNI Khairul Anwar  juga mengingatkan jajarannya agar menghindari praktek KKN, serta melaksanakan seleksi tersebut dengan  Inovatif, Kreatif, Inisiatif dan Trengginas (IKIT). 


"Laksanakan koordinasi awal dengan para Kajasdam di daerah untuk memudahkan tugas. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, jika ada hal-hal yang perlu dikoordinasikan dengan bagian lain segera laporkan dan koordinasikan di lapangan agar setiap kegiatan dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, " harapnya. 


"Hindari kerugian personel maupun materiel pada setiap kegiatan, maka dari itu selalu laksanakan pengamanan melekat kepada testor agar kerugian personel dapat dihindari. Selenggarakan seluruh kegiatan jasamani sesuai dengan protokol kesehatan kaitannya dengan masih tingginya penularan Covid-19, apalagi para calon prajurit tersebut berasal dari berbagai daerah, dimana kodisi daerah yang satu dengan yang lain berbeda akumulasi tingginya penularan Covid-19, " pinta Kadisjasad.


Adapun materi yang akan diperiksa dari seluruh peserta seleksi mulai dari administrasi, kesehatan, jasmani, psikologi dan Mental Idiologi (MI).


 Sedangkan materi jasmani yang dilaksanakan meliputi Garjas A lari 12 menit, Garjas B1 Pull Ups, Garjas B2 Sit Ups, Garjas B3 Lungges, Garjas B4 Push Ups,  Garjas B5 Shuttle Run, Pemeriksaan Postur Tubuh dan Ketangkasan Renang 50M. 


Selama masa pandemi Covid 19 pelaksanaan Garjas A dilaksanakan dengan menggunakan 5 titik start. Dengan melibatkan 565 orang testor jasmani yang ada di seluruh Sub Panitia Pusat (Subpanpus) yang ada di Kotama. 


Dalam acara  pemberangkatan tim seleksi pusat Calon Tamtama Prajurit PK TA. 2021 juga dihadiri oleh Sekretaris Disjasad, para Kasubdis Disjasad, dan seluruh Tim Jasmani , yang dilaksanakan di GOR Bung Tomo Komplek Mako Disjasad. (Dispenad)