PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA - Untuk menjaga kondisi kesehatan masyarakat di daerah penugasannya, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY mendatangi dan memberikan pelayanan pengobatan secara gratis kepada masyarakat di dua kampung yang berada di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.



Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Taufik Hidayat dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Senin (12/4/2021).


Dikatakannya, pengobatan gratis yang diberikan dengan mendatangi warga itu digelar oleh personel Pos Kalilapar di Kampung Kalilapar 2, dan personel Pos Karang di Kampung Yuwainda.


“Kita gelar di dua kampung yang berada Distrik Waris. Tujuannya, untuk menjaga kesehatan masyarakat sehingga masyarakat mampu bekerja dan melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik dan tanpa ada kendala,” kata Dansatgas.


Lebih lanjut disampaikannya, terbatasnya fasilitas kesehatan di wilayah perbatasan mengharuskan personel Satgas Yonif 512/QY yang ada di masing-masing Pos untuk terjun langsung ke kampung binaan dalam upayanya menjaga kondisi kesehatan masyarakat tersebut.


“Pengobatan ini rutin kami gelar sebagai wujud perhatian dan kepedulian kami kepada masyarakat disini,” ujar Dansatgas.


Kehadiran Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 512/QY sangat disyukuri dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama dalam membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat terutama, seperti di bidang kesehatan. Hal ini salah satunya datang dari Maunda (27) salah satu warga Kampung Kalilapar yang mendapatkan pelayanan kesehatan karena sedang memiliki keluhan demam dan batuk.


“Saya sangat berterima kasih kepada abang tentara dari Pos Kalilapar yang sudah membantu mengobati saya. Kami warga kampung  merasa sangat terbantu dan meminta kegiatan seperti jangan terputus. Semoga Tuhan membalas kebaikan abang-abang tantara semua,” pungkasnya. (Dispenad)