PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA -  Dalam rangka perencanaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield 15/2021 yang akan diselenggarakan dengan melibatkan Angkatan Darat Amerika Serikat, Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. melaksanakan peninjauan medan lokasi Penerjunan Pasukan (Droping Zone) dan daerah Latihan Pertempuran Kota (Purkota) bertempat di Rahlat Puslatpur Baturaja Sumatera Selatan. Minggu (18/4/2021).

 


Sebagai bagian dari tahapan perencanaan latihan, Tim yang dipimpin oleh Dankodiklatad melaksanakan peninjauan dengan tujuan mempersiapkan daerah yang akan digunakan sebagai lokasi penerjunan pasukan (Droping Zone) dilanjutkan latihan pertempuran kota. Pada peninjauan yang dilaksanakan kali ini, Dankodiklatad secara langsung meninjau daerah yang akan digunakan sebagai titik kumpul Batalyon berdasarkan pertimbangan teknis dan taktis serta aspek-aspek pendukung yang dibutuhkan pasukan saat melaksanakan konsolidasi pasca penerjunan sebelum melanjutkan gerakan. 


Selanjutnya Dankodiklatad beserta rombongan meninjau rute yang akan digunakan sebagai poros gerakan dalam rangka gerak maju menuju daerah pertempuran di perkotaan. Peninjauan dilaksanakan dengan 2 cara yaitu dengan menilai di peta dan membandingkan langsung di lapangan, peninjauan di peta bertujuan untuk melihat daerah secara global dihadapkan dengan keadaan seluruh daerah yang akan digunakan, sedangkan peninjauan langsung di medan bertujuan untuk memastikan keadaan sebenarnya di lapangan.


Kegiatan ini melibatkan perwakilan warga setempat untuk mengetahui lokasi lahan bercocok tanam yang digunakan oleh masyarakat sekitar rahlat Puslatpur. Hal ini untuk meminimalisasi dampak kerusakan lahan yang diakibatkan pergerakan pasukan selama latihan. Peninjauan ini dimaksimalkan dengan penggunaan teknologi Drone sehingga dapat dilihat dari berbagai sudut pandang yang membantu dalam pengambilan keputusan.


Turut serta dalam peninjauan Direktur Latihan Kodiklatad Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han), Danpuslatpur Kodiklatad Kolonel Inf Judi Paragina Firdaus, M.Sc, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf Suparlan Purwo Utomo, Danbrigif PR-17/K/1 Kostrad Kolonel Inf Marwan Supriyanto, Wadanyonif PR-330/TD Mayor Inf Wira serta Kasiops Brigif PR-17/K/1 Kostrad Kapten Inf Maulana. (Dispenad)