PORTALINDO.CO.ID, JAKARTA, tniad.mil.id - Pentingnya menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini kepada generasi penerus bangsa, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad memberikan materi bela negara kepada siswa-siswi SMPN Aplal di Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT. 



Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad, Mayor Arm Andang Radianto, S.A.P., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, Senin (22/03/2021).



Dikatakannya, kegiatan pemberian materi bela negara yang dilaksanakan oleh personel Pos Aplal itu, bertujuan untuk menambah wawasan para siswa serta meningkatkan rasa cinta tanah air, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk sikap dan jiwa nasionalisme sejak dini kepada para siswa SMPN Aplal.


“Sehingga terpatri rasa cinta tanah air dalam wujud kesadaran bela negara kepada mereka yang akan menjadi bekal di kemudian hari sebagai generasi penerus,” katanya.


Lebih lanjut disampaikan Dansatgas, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat melindungi dan menjaga generasi penerus agar tidak terpengaruh oleh ideologi-ideologi yang bertolak belakang dengan Pancasila sehingga dapat berdampak positif dan terlahir generasi penerus yang kuat untuk turut serta dalam usaha-usaha pembelaan negara yang dapat membentuk stabilitas dan ketahanan wilayah yang kondusif.


“Kegiatan ini juga sebagai upaya kita untuk menjauhkan dan melindungi mereka dari pengaruh ajakan-ajakan yang bertolak belakang dengan budaya serta ideologi Pancasila,” ujarnya.


Sementara itu, Remon S.Pd., (32) selaku guru di SMPN Aplal mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad atas pelaksanaan kegiatan tersebut.


"Kegiatan ini sangat berguna dan bermanfaat, terutama dalam menambah wawasan dan meningkatkan rasa cinta tanah air para anak didik kami," pungkasnya. (Dispenad)