PORTALINDO.CO.ID, BANJARNEGARA - Berwisata merupakan kebutuhan dan menjadi trend pada semua kalangan karena sebagai penyegar jiwa, namun berwisata sekaligus berolah raga adalah sebuah inovasi travel inovation di masa pandemik covid-19.


Pengelola Desa Wisata Salamerta Kecamatan Mandiraja Banjarnegara tengah membuat trobosan mensinergikan panorama alam pegunungan Banjarnegara bagian selatan sebagai daya tarik wisata sekaligus arena olah raga sepeda dengan daya tarik wisata Religi Makam Dewi Nawangsasi, Industeri Karpet kayu dan kuliner Salamerta menjadi paket wisata Rumpit Bike Park. (Wisata Rumbik).


Bupati Banjarnegara didampingi Kadisparbud Drs. Agung Yusianto, M.Si beserta isteri, Kabag Umum Setda Drs. Karnoto, Camat Mandiraja Drs. Tuslam, Kepala Desa Salamerta Narso beserta perangkatnya tengah bersepeda jelajah Desa Wisata mengunjungi paket wisata Rumbike Selasa, 23 Maret 2021.


Seusai menikmati kuliner bebek lapindo yang merupakan kuliner khas Desa Wisata Salamerta, Bupati Budhi Sarwono saat beramah tamah dilokasi Thenkeng Grafity Park menyampaikan apresiasinya kepada pengelola "saya bangga pada pengelola Desa Wisata Salamerta dan anak - anak muda, pesan saya tingkatkan kreatifitas dan selalu berinovasi, kami Pemerintah Daerah akan mendukung dan mendorong dari sisi aksesbilitas dan amenitasnya untuk kenyamanan wisatawan sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan kita bersama" tuturnya.


Dalam kesempatan yang sama Kepala Disparbud Agung Yusianto menyampaikan motivasi pada pengelola Wisata Rumbike untuk meningkatkan harmonisasi kerjasama dan sinergitas antara petani sebagai pengelola agro wisata, industri karpet kayu, industri makanan ringan dan kuliner Salamerta sebagai bagian dari usaha ekonomi kreatif dan siap menjadi edukasi wirausaha.


Wisata Rumpit Bike Park (Wisata Rumbike) dalam perkembangannya saat ini telah memiliki beberapa jalur sepeda mulai dari fun bike, hingga jalur extrim untuk para pesepeda profesional.

Pengelola Wisata Rumbike, Mame dalam guidingnya menyampaikan optimisme " dengan jalur sepeda yang ada kami optimis untuk ikut mengembangkan Olah Raga balap sepeda khusus nomor Downhill dan Cross Country XC" ujarnya.

(dien's-21/red)