TNI AD selenggarakan Sosialisasi bid Kermamil TA. 2020 di Kodiklatad -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

TNI AD selenggarakan Sosialisasi bid Kermamil TA. 2020 di Kodiklatad

Friday, September 25, 2020

Portalindo.co.id

Bandung - Dalam rangka kesiapan satuan TNI AD dalam melaksanakan Kerjasama Militer (Kermamil) antar negara baik ASEAN maupun non ASEAN, diperlukan perencanaan yang matang baik personel maupun kesiapan peralatan yang akan dibawa. Hal ini diungkapkan oleh Brigjen TNI Achmad Budi Handoyo, Wakil Asisten Latihan (Waaslat) Kasad bidang Kermamil pada saat acara Sosialisasi Penyiapan Kegiatan Kermamil TNI AD TA 2020 yang bertempat di gedung M.Toha, Makodiklatad, Kamis (24/09/2020).

Dalam acara ini, Waaslat menerangkan bahwa adanya kerjasama militer antar negara di dunia ini merupakan salah satu perwujudan dari Politik Luar Negeri Indonesia yang salah satunya adalah mewujudkan keamanan bersama. Lebih lanjut dijelaskan bahwa adanya kerjasama militer ini akan meningkatkan pemahaman bersama sehingga mencegah adanya konflik. Hal ini juga memberikan dampak yang baik bagi peningkatan profesionalisme yakni personel TNI AD dapat menyerap ilmu yang dapat digunakan untuk pengembangan teknik penggunaan alutsista, taktik serta strategi.




Lebih lanjut Waaslat menjelaskan bahwa latihan bersama antar negara ini dapat menggunakan beberapa metode seperti geladi posko, geladi lapang, seminar, maupun bentuk latihan lainnya. Dalam proses persiapan dan perencanaan beliau memberikan penekanan khusus agar proses perencanaan latihan dapat berjalan lancar. "Perlu adanya system of thinking yang berurutan mulai dari berpikir akan tujuan, antisipasi dari strategi yang dipakai, prioritas dalam bertindak, fokus kepada hasil dan selalu cek akan detail kegiatan," ujar Waaslat.


Diakhir acara, Waaslat menyerahkan buku Negotiation with Honesty yang merupakan karya beliau kepada Staf Direktur Latihan Kodiklatad dan perwakilan Pusat Kesenjataan. Acara sosialisasi ini dihadiri oleh para Paban Sdirlat Kodiklatad, para Dirbinlat Pussen, serta para Wadan Pusdik kecabangan Infanteri, Kavaleri, Armed, serta Arhanud, serta para pamen yang membidangi bidang latihan di setiap Pussen. (Penerangan Kodiklatad)