Anggota Kodim 1002/Barabai Jalani Tes Urine -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

Anggota Kodim 1002/Barabai Jalani Tes Urine

Monday, September 21, 2020


Portalindo.co.id

BARABAI - Anggota Kodim 1002/Barabai melaksanakan pemeriksaan urine bertempat di Aula Sapta Marga Jalan Telaga Padawangan Kelurahan Barabai Timur Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).Senin (21/9).



Seperti di sampaikan oleh Pasi Intel Kodim 1002/Barabai Kapten Czi Obet Subagiyo selaku koordinator kegiatan bahwa pemeriksaan urine ini rutin tiap tiga bulan, dan kali ini merupakan kegiatan pada Triwulan III tahun anggaran 2020,"terangnya.


Tak hanya melaksanakan pemeriksaan urine, para anggota juga mendapat sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan yang disampaikan oleh dr M.Rizky dari Rumah Sakit Damanhuri Barabai dibantu oleh anggota Puskes 06.09.10/Barabai Sertu Abdurrahman."imbuhnya.


Dalam kesempatan tersebut dr M.Rizki menyampaikan bahwa penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan mempunyai efek yang tidak baik bagi tubuh kita.


Secara umum, penyalahgunaan narkoba dapat memberi efek peningkatan frekuensi denyut jantung, irama jantung tidak teratur, penyempitan pembuluh darah, dan peningkatan tekanan darah. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan aliran darah ke otot jantung yang akhirnya mengakibatkan serangan jantung."terangnya.


Selain dapat memicu berbagai penyakit di atas, akibat narkoba yang paling fatal adalah dapat menyebabkan kematian. Kerusakan saraf di otak dan kegagalan organ untuk berfungsi dapat menjadi dampak dari narkoba yang secara langsung memberikan efek buruk pada tubuh hingga meningkatkan berbagai risiko penyakit hingga kematian."tegasnya.


Sedangkan Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Muh Ishak H. Baharuddin,S.I.P.,M.I.Pol disela-sela pemeriksaan urine menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya perang melawan narkoba dikalangan TNI dan keluarga besar TNI,"tuturnya.


Apabila ditemukan indikasi penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh anggota, kita akan menindak tegas dan memproses sesuai prosedur hukum yang berlaku, dan tidak main-main, apabila terbukti melakukan tindakan penyalahgunaan narkoba maka hukuman pecat atau diberhentikan dengan tidak hormat dari dinas militer sudah menunggu."tegasnya.


Untuk itu saya tak bosan-bosannya menghimbau dan mengajak kepada seluruh  anggota Kodim 1002/Barabai baik TNI dan PNS serta keluarganya  untuk tidak sekali-kali menyentuh yang namanya narkoba, Sayangilah keluargamu dan jaga nama baik satuan."pungkasnya.(pendim1002).( Nurmansyah )