Pilkada 2020 Momentum Perbaikan Ekonomi Bangsa di Masa Pandemi Covid 19 -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

Pilkada 2020 Momentum Perbaikan Ekonomi Bangsa di Masa Pandemi Covid 19

Wednesday, August 19, 2020


Portalindo.co.id

Herman Sulistyo*


Penyelenggaraan Pilkada 2020 diharapkan dapat memperbaiki lesuhnya ekonomi karena dampak Covid 19. Kelesuhan ekonomi akibat Covid 19 dirasakan oleh seluruh negara di belahan dunia manapun. Namun, agak diuntungkan karena adanya Pilkada 2020 yang pastinya akan membawa dampak positif bagi perekonomian bangsa secara menyeluruh. Sehingga dampak negatif Covid 19 terhadap sektor perekonomian akan segera dapat teratasi.


Ajang demokrasi Pilkada 2020 akan menghidupkan perekonomian lintas sektoral. Akan terjadi perputaran uang yang begitu besar sehingga meningkatkan oprimisme masyarakat terhadap cita-cita pembangunan nasional. Pilkada 2020 akan mengubur segala mimpi buruk akan resesi ekonomi yang telah melanda berbagai negara di berbagai belahan dunia. Arus kas yang begitu besar pada Pilkada 2020 merupakan stimulus yang meningkatkan optimisme bahwa perekonomian Indonesia sangatlah kuat dan mampu menghadapi berbagai ancaman global.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan penyelenggaraan Pilkada 2020 diharapkan bisa menjadi faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal empat mendatang. Perputaran uang di masyarakat diprediksi mencapai Rp35 triliun pada Pilkada 2020, dalam bentuk biaya penyelenggaraan hingga dana kampanye para calon peserta kontestasi. Dana tersebut bisa menggerakkan ekonomi setelah berkontraksi 5,32 persen pada kuartal kedua tahun 2020.


Jumlah uang dengan jumlah fantastis tersebut akan meningkatkan konsumsi masyarakat. Sektor-sektor produksi dan distribusi pun turut merasakan efek positifnya. Sehingga juga turut meningkatkan penyerapan tenaga kerja, terutama di sektor yang berkaitan dengan produksi dan distribusi logistik Pilkada serta Alat Peraga Kampanye (APK).


Kondisi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini diharapkan juga dapat meningkatkan kreatifitas kontestan yang berlaga di Pilkada 2020. APK yang berbasiskan sanitasi seperti masker dan hand sanitizier  akan memenuhi ruang publik. Pilkada secara langsung juga turut andil dalam menekan penyebaran Covid 19. Sehingga tidaklah berlebihan apabila diartikan Pikada 2020 memberikan dampak yang dahsyat bagi bangsa Indonesia, meningkatkan perekonomian dan juga turut menekan penyebaran wabah Covid 19.


Besarnya manfaat tersebut dapat dirasakan secara langsung oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Baik di wilayahnya yang diselenggarakan Pilkada ataupun tidak. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa lintas regional merupakan tren konsumsi Indonesia. Mengingat pentingnya hal tersebut, maka seluruh lapisan masyarakat harus mendukung suksesi Pilkada 2020 dan meningkatkan optimisme kemajuan ekonomi bangsa sehingga Indonesia dapat segera terbebas dari ancaman wabah Covid 19.


*Penulis Merupakan Pegiat Komunitas Nusa Pers