Petani Mendesak Presiden Joko Widodo Untuk Membantu Kembalikan Tanah yang Sudah di Rampas PT. Perkebunan Nusantara II atau PTPN -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

Petani Mendesak Presiden Joko Widodo Untuk Membantu Kembalikan Tanah yang Sudah di Rampas PT. Perkebunan Nusantara II atau PTPN

Monday, August 24, 2020


Portalindo.co.id

Jakarta – Ratusan petani yang tergabung kumpulan serikat petani dari berbagai unsur kembali turun ke Jalan guna melakukan protes kepada Presiden Joko Widodo di depan Istana Negara, Senin, 24 Agustus 2020.

 

Para petani, mendesak Presiden Joko Widodo untuk membantu mengembalikan tanah mereka yang sudah dirampas oleh PT. Perkebunan Nusantara II atau PTPN.

 

“Kami tidak mencuri Tanah. Tapi tanah Kamilah yang dirampas oleh korporasi plat merah daerah yang dibantu oleh TNI-Polri menghancurkan merampok, menghancurkan, merampas rumah-rumah kami,” teriak salah satu orator di atas mobil komando.

 

“Kita jauh-jauh datang dari desa hanya ingin meminta keadilan kepada Pak Presiden,” sambungnya.

 

Ia pun mengatakan, bahwa PTPN II selaku anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara telah merampas dan menjajah petani layaknya penjajah belanda.

 

Diketahui, ratusan petani ini sebelumnya telah berjalan kaki selama 41 hari dari Medan ke Jakarta. Mereka telah menempuh jarak lebih dari 1800 km dan tiba di Jakarta pada Jumat (8/8) lalu.

 

Ketika di Jakarta, ratusan petani ini mencari keadilan dengan melakukan audiensi ke Kementerian BUMN hingga Kementerian ATR/BPN.

 

Ketua Dewan Pembina Gerbang Tani, Aris Wiyono mengatakan, pihaknya akan menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memerintahkan para pembantunya segera menyelesaikan konflik agraria petani Simalingkar dan Mencirim dengan perusahaan plat merah PTPN II.


(Rukmana Portalindo)