Kasal : Calon Perwira Diktukpa TNI AL Harus Mampu Jadi Pemimpin di Masa Sulit -->
Cari Berita

Kasal : Calon Perwira Diktukpa TNI AL Harus Mampu Jadi Pemimpin di Masa Sulit

Wednesday, July 15, 2020


Portalindo.co.id
Jakarta - Calon Perwira Lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL akan menghadapi tantangan yang semakin berat, dengan demikian mereka harus siap untuk mampu menjadi seorang pemimpin di masa yang sulit dengan membangun karakter moral dan profesionalisme secara berimbang. Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat memberikan pembekalan dihadapan 323 siswa Diktukpa TNI AL Angkatan ke-49 TA 2019 melalui Video Conference (Vicon), di Gedung Utama Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (15/7), menjelang pelaksanaan Upacara Prasetya Perwira (Praspa) yang akan dilaksanakan pada hari Jumat  17 Juli 2020 mendatang di Kodiklatal, Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Pejabat Utama Mabesal, para Pemimpin Kotama TNI AL dan Kepala Dinas di lingkungan Mabesal. Sementara itu, bertempat di Kodiklatal Surabaya, pelaksanaan vicon diikuti Calon Perwira Diktukpa yang terdiri dari 54 orang Korps Pelaut, 46 orang Korps Teknik, 33 orang Korps Elektronika, 50 orang Korps Suplai, 86 orang Korps Marinir, 20 orang Korps Khusus, 18 orang Korps Kesehatan dan 16 orang Korps Polisi Militer.

Dalam pembekalannya, Kasal mengatakan Upacara Praspa merupakan momentum penting sebagai insan prajurit samudera, karena pada saat itu momentum perubahan strata yang semula Bintara berubah menjadi strata Perwira. Perubahan tersebut diartikan sebagai meningkatnya status sosial yang harus diikuti dengan kedewasaan berpikir, perubahan gaya hidup dan bersikap sederhana serta jujur.

“Kunci menjadi seorang Perwira yang baik adalah dengan mengembangkan skill/keahlian kepemimpinan di antaranya memiliki kompetensi yang unggul, menjadi teladan dan motivator bagi anak buah dalam kedinasan, dapat bertindak inovatif dan thinking out of the box, mampu beradaptasi terhadap perubahan serta tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan”, ujar Laksamana TNI Yudo Margono.

Menurut Kasal, pada situasi serta kondisi pandemi Covid-19 harus mampu menempatkan diri untuk dapat segera beradaptasi dengan tatanan kehidupan normal baru yang mengikuti tata cara protokol kesehatan yang ketat dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19. “Siapkan diri untuk mampu hadapi perubahan dan beradaptasi dengan tatanan New Normal”, tambahnya.

Lebih lanjut Kasal memerintahkan kepada seluruh Perwira Pertama (Pama) harus menyiapkan mental dan fisik untuk meningkatkan nilai-nilai kedisiplinan, kehormatan, kejujuran, profesionalisme, dedikasi, dan loyalitas baik kepada atasan, kolega perwira maupun anak buah. 

Sementara itu, pada kesempatan yang hampir bersamaan, juga telah dilaksanakan pembekalan oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono kepada para istri Siswa Diktukpa Angkatan ke-49 Tahun 2019 melalui vicon, bertempat di Kantor Pengurus Pusat Jalasenastri, Kodamar, Kelapa Gading, Jakarta Utara.  

Penerangan Angkatan Laut.
Redaksi