Dandim 1002/Barabai Hadiri Rakor Penanganan Covid-19 Di HST -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

Dandim 1002/Barabai Hadiri Rakor Penanganan Covid-19 Di HST

Tuesday, July 28, 2020


Portalindo.co.id
BARABAI - Kodim 1002/Barabai Letkol Inf Muh Ishak H. Baharuddin, S.I.P.,M.I.,Pol menghadiri Rapat Koordinasi penanganan Covid-19 bersama Unsur Forkopimda di Auditorum Kantor Bupati Hulu Sungai Tengah, Senin (27/7).kemarin.

Rapat koordinasi dipimpin oleh  Wakil Bupati HST Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan, S.P., M.S guna  mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau virus corona yang belum dapat diprediksi sampai kapan berakhirnya serta adanya peningkatan kasus positif covid 19 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Kadinkes Kab HST melaporkan adanya peningkatan kasus positif covid 19 di Kabupaten Hulu Tengah ini dipicu oleh kelalaian atau kurangnya disiplin masyarakat kita untuk mengikuti protokol kesehatan yang salah satunya memakai masker apa bila keluar rumah, berkumpul banyak orang atau di tempat keramaian.

Wakil Bupati HST dalam arahannya mengatakan, ada beberapa upaya dan tahapan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Hulu Sungai Tengah mengenai kesiap siagaan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Diantaranya, adanya SK tentang kesiapsiagaan antisipasi penyebaran Covid 19, adanya Surat Edaran tentang antisipasi bahaya Covid-19, dilakukan himbauan mengenai kewaspadaan bersama untuk mencegah penyebaran virus corona, adanya SK Bupati tentang penetapan status siaga bencana wabah corona dan adanya SK Bupati tentang pembentukan gugus tugas penanganan covid-19. “Ini merupakan tahapan-tahapan untuk mengantisipasi virus corona” katanya.

Berry juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan pemetaan wilayah yang rawan terkena covid-19 di agar setiap wilayah dapat mengantisipasi dan melakukan upaya yang cepat dan tepat untuk melakukan penanganan  penyebaran virus corona 

Semua itu tidak dapat berjalan tanpa adanya kesadaran dari masyarakat untuk 
menerapkan protokol kesehatan menjaga kesehatan dan mengikuti himbauan dari pemerintah dalam hal sering cuci tangan, jaga jarak bila diluar rumah dan jaga kebersihan serta  selalu menggunakan masker bila keluar rumah.

Sementara itu Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Muh Ishak H. Baharuddin, S.I.P.,M.I.,Pol dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa tujuan kita kumpul disini adalah bagaimana cara kita mengambil langkah dan peran dalam rangka penanganan percepatan covid 19 bersama - sama. Pengambilan sangsi sosial belum bisa kita laksanakan secara maksimal.

Kita perlu melaksanakan pembagian masker ini agar bisa menyentuh kesemua lapisan masyarakat. Setelah pendistribusian dilakukan keseluruhan lapisan masyarakat baru kita laksanakan langkah selanjutnya. 

Lebih lanjut masih menurut Dandim,” Bahwa para babinsa Kodim 1002/Barabai bersama mitranya yaitu Bhabinkamtibmas selalu aktif di wilayah untuk memberikan imbauan dan sosialisasi kepada warga masyarakat, mereka bersama para relawan tak bosan-bosannya memberikan pemahaman kepada warga untuk memetuhi protokol kesehatan, untuk itu perlu adanya dukungan dari masyarakat agar patuh dan taat pada protkes salah satunya menngunakan masker apabila berada di luar rumah dan menghindari kerumunan dengan orang banyak,”pungkasnya.(pendim1002).

Redaksi