Berantas Wabah DBD, Babinsa Koramil 03 Grogol Palmerah Serda Aris Razak Monitoring Fogging -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

Berantas Wabah DBD, Babinsa Koramil 03 Grogol Palmerah Serda Aris Razak Monitoring Fogging

Saturday, July 18, 2020


Portalindo.co.id
JAKARTA - DBD atau Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue. Demam berdarah merupakan penyakit yang mudah menular. Sarana penularan demam berdarah sendiri berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus. Kedua nyamuk tersebut dapat menggigit di pagi hari sampai sore menjelang petang. Penularan terjadi saat nyamuk menggigit dan menghisap darah seseorang yang sudah terinfeksi virus dengue, ketika nyamuk tersebut mengigit orang lain, maka virus akan tersebar. Hal tersebut terjadi karena nyamuk berperan sebagai medium pembawa (carrier) virus dengue tersebut.

Hal ini membuat Babinsa Kelurahan Kota Bambu Utara Serda Aris Razak memiliki inovasi bersama Pengurus RW.08 Kelurahan Kota Bambu Utara melakukan pengasapan (fogging) DBD dengan cairan insektisida di lingkungan RW.08 Kelurahan Kota Bambu Utara, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (18/7/2020).

Saat dikonfirmasi, Babinsa Kelurahan Kota Bambu Utara Serda Aris Razak mengungkapkan, “Selain kita fokus terhadap penanggulangan Pandemi Covid-19, kami bersama Pengurus RW.08 Kota Bambu Utara juga sangat concern akan bahayanya penularan Wabah DBD”.

“Mengingat saat sekarang ini cuaca tidak menentu, sehingga rentan akan penularan Wabah DBD melalui nyamuk Aedes Aegepti. Inovasi fogging kami lakukan untuk memberantas DBD menggunakan cairan insektisida”, pungkas Serda Aris Razak.

Tampak dalam kegiatan tersebut petugas dari Puskesmas Kecamatan Palmerah melakukan pengasapan secara menyeluruh di pemukiman RT.001 s.d RT.008 di lingkungan RW.08 Kelurahan Kota Bambu Utara. (M.Solichin)