APD dan Masker ke Puluhan Faskes Didistribusikan PDIP Sumbar -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

APD dan Masker ke Puluhan Faskes Didistribusikan PDIP Sumbar

Sunday, June 14, 2020


Portalindo.co.id

Sumatera Barat – Sejak Senin (8/6) hingga Kamis (11/6) Pendistribusian bantuan dilakukan PDI Perjuangan (PDIP) Sumatera Barat dengan mendonasikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat dan masker berstandar medis ke 23 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan beberapa rumah sakit di 11 kecamatan Kota Padang.

 

"Masker medis dan baju hazmat ini merupakan dedikasi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri Puti Reno Nilam, untuk paramedis yang merupakan pejuang garis depan dalam melawan Covid-19," kata Ketua PDI Perjuangan Sumatra Barat Alex Indra Lukman, Kamis (11/6).

 

Alex mengungkapkan rincian bantuan keseluruhan terdiri dari 2.500 baju hazmat dan 35 ribu masker medis, yang ditujukan ke kabupaten dan kota-kota Sumatera Barat. Sebanyak 575 baju hazmat dan 10 ribu masker medis sudah dibagikan oleh para pengurus partai, anggota legislatif, dan kader lainnya yang terjun langsung ke lapangan.


Menurut Alex, alokasi bantuan dikhususkan di Padang karena kota itu tercatat memiliki kasus Covid-19 terbanyak di Sumatera Barat.

 

"Nantinya, baju hazmat dan masker standar medis ini akan dibagikan pengurus dan kader PDI Perjuangan tingkat cabang di kabupaten/kota di Sumbar pada petugas medis kita di puskesmas dan rumah sakit rujukan Covid19 di daerah masing-masing," katanya.

 

Untuk 23 puskesmas yang masuk dalam distribusi tahap pertama, masing-masing mendapat 15 set baju hazmat dan 300 masker medis. Ke-23 Puskesmas adalah  Puskesmas Air Dingin Lubuk Minturun, Puskesmas Dadok Tunggul Hitam, Puskesmas Belimbing, Puskesmas Kuranji, Puskesmas Nanggalo Siteba, Puskesmas Lapai, Puskesmas Alai, Puskesmas Air Tawar, Puskesmas Ulak Karang, Puskesmas Padang Pasir, Puskesmas Andalas, dan Puskesmas Lubuk Begalung.

 

Kemudian Puskesmas Bungus, Puskesmas Lubuk Kilangan, Puskesmas Rawang, Puskesmas Pemancungan, Puskesmas Seberang Padang, Puskesmas Pauh, Puskesmas Pengambiran, Puskesmas Lubuk Buaya, Puskesmas Anak Air, Puskesmas Ikur Koto, serta Puskesmas Ambacang.


15 baju hazmat dan 300 masker medis juga diberikan ke Rumah Sakit Jiwa Prof HB Saanin. Lalu Rumah Sakit Yos Sudarso mendapatkan 75 baju hazmat dan 1.000 masker medis, sedangkan Rumah Sakit Tentara Dr Reksodiwiryo memperoleh 70 baju hazmat dan 950 masker medis. Sebelumnya pada 6-8 Mei 2020, Fraksi PDIP DPRD Sumbar telah mendistribusikan 900 set APD dan 3.900 masker medis.

 

"Di bulan Bung Karno ini, PDI Perjuangan Sumbar mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila 1 Juni, dengan ikut kembali bergotong-royong mendistribusikan baju hazmat dan masker standar medis bagi paramedis yang terus berjuang memutus rantai penyebaran Covid19 di Padang," ujar Alex.

 

Ia melanjutkan, "Semoga semangat gotong-royong yang jadi garis perjuangan politik PDI Perjuangan bisa membangkitkan moral dan semangat paramedis kita yang tengah berjuang menurunkan kurva wabah virus corona."

 

EditorY@D