Ini Saran JK Kepada Pemerintah Terkait Pandemi Covid-19
Cari Berita

Ini Saran JK Kepada Pemerintah Terkait Pandemi Covid-19

Tuesday, May 19, 2020


Portalindo.co.id - Dalam hal pandemi Covid-19, lebih baik pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau uang tunai ke masyarakat. Di katakan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla saat webinar yang diadakan oleh Universitas Indonesia: Segitiga Virus Corona.

"Dalam situasi seperti ini, masalahnya apa? Orang daya belinya menurun, maka harus ditingkatkan daya belinya," kata pria yang akrab disapa JK itu, Selasa (19/5).

Menurut dia, dengan memberikan BLT, maka semua lini masyarakat akan hidup. 

"Dengan memberikannya bantuan langsung tunai, cash. Supaya dia membeli sesuatu. Kalau BLT, di wilayah bersangkutan bisa hidup. Membeli beras di warung-warung sana, membeli mungkin ikan, membeli apa," ungkap JK.

Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 ini menuturkan, jika diberikan sembako, belum tentu orang membutuhkan atau kebutuhannya tidak sama.

"Kalau diberikan dalam bentuk sembako mungkin saja dia tidak butuh seperti itu. Mungkin dia tak butuh tepung terigu, mungkin dia tidak butuh gula, tetapi dia butuh beras, atau butuh apa," tutur JK.

Bahkan, dia menegaskan, jika BLT lebih cepat pemberiannya. "Dan lebih cepat, seminggu BLT bisa selesai bisa. Pengalaman kita 2005 itu kita itu selesai seluruh Indonesia dalam waktu sebulan," pungkasnya. (amr)