Kodim 0503/JB Bersama Tiga Pilar Jakarta Barat Gelar Pencak Silat. -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

Kodim 0503/JB Bersama Tiga Pilar Jakarta Barat Gelar Pencak Silat.

Saturday, March 14, 2020


Portalindo.co.id, Jakarta Barat - Dengan tema Pencak Silat adalah Warisan Budaya Nusantara dan Warisan Dunia, Kodim 0503/JB laksanakan kegiatan Komsos Kreatif Kodim 0503/JB, Festival Pecak Silat Tradisional Betawi dari Perguruan Pencak Silat Se-Jakarta Barat. Jum'at, 13 Maret 2020, sore hari.

Ditemui dilokasi, Kapten Inf. Missin (Pasiintel Kodim 0503/JB) mengatakan, bahwa kegiatan tersebut di buka langsung oleh penanggung jawab kegiatan, Kolonel Kav. Valian Wicaksono Magdi (Dandim 0503/JB) dengan peserta dan tamu undangan yang hadir sekitar 500 orang yang diantaranya adalah Tiga Unsur  pimpinan Jakarta Barat, Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Barat, Pa Staf dan Danramil jajaran Kodim 0503/JB, Camat Tanjung Duren, Lurah Gropet, H. Mujamil (Ketua Ormas FBR Jakbar) dan H. Umar serta para Tokoh Pemuda Se Jakarta Barat.

Acara Pembukaan dilaksanakan di GOR Tanjung Duren Jl. Tanjung Duren Barat IV, Kel. Tanjung Duren Utara, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat yang diawali dengan acara Tarian selamat datang, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Laporan Koordinator umum, Sambutan Kasudin Pariwisata dan kebudayaan, Sambutan Dandim 0503/JB, dilanjutkan Pembukaan Festival Pencak silat dan Perlombaan Pencak silat.

Perguruan Pencak Silat yang mengikuti pertandingan tersebut adalah perguruan dari Beksi Tradisional Kalideres, Macan Betawi Kalideres, Percira Kebon Jeruk, PPS Cingkrik Sinan Silang Pukul Grogol Petamburan, PPS Congkok Indonesia Cengkareng, Pusaka Joglo Kembangan, Sanggar Betawi Kalijodo Tambora, Sanggar Betawi Kemanggisan Palmerah, Sanggar Kembang Jaro Kembangan, Sanggar Kembang Kelor Grogol Petamburan, Sanggar Kong Haji Kilin Cengkareng, Sanggar Kong Sa'adih Tamansari, Sanggar Melati Tamansari, Sanggar Pondok Betawi Tambora, Sanggar Siak 9 Palmerah dan Sanggar Tradahan Kebon Jeruk.

Dengan Juri adalah Bpk. Robi Indra, Bpk. Tri Wibowo, Bpk. Jerry Christanto, Bpk. Andri Kurniawan dan Bpk. Alifah Haerudin serta Sdr.  Hendra. Ungkap Kapten Inf. Missin

Dalam sambutannya, Kolonel Kav. Valian Wicaksono Magdi (Dandim 0503) megucapkan "terimakasih dan salam hormatnya kepada semua Pihak yang sudah membantu maupun yang hadir dalam kegiatan ini". Kegiatan Pecak silat ini pertama kali dilaksanakan dan Saya berharap Kegiatan ini jangan sampai yang pertama dan terakhir. Pada Triwulan III nanti akan Kita selenggarakan Kegiatan yang lebih besar lagi karena kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bela Negara yang tertuang dalam UUD 1945 Pasal 27, ayat 3. "Cinta terhadap Budaya merupakan bentuk Cinta tanah air dan cinta tanah air akan membangkitkan  semangat bela Negara".

Saya yakin adek - adek yang mengikuti kegiatan Pencak Silat ini, motifasinya sangat tinggi. "Makan Sawi pake Sambel Terigu, semoga Silat tradisional Betawi tetap Lestari. Jalan - jalan ke pinggir Ancol, sampe Sono makan ketupat pake sambel Pete. Berjuta - juta cewek yang nyantol Cuma silat Betawi yang Ane Cinte". Tutup Kolonel Kav. Valian Wicaksono Magdi. (Red)