Atasi Karhutla, Panglima TNI dan Kapolri Launching Aplikasi Lancang Kuning -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

Atasi Karhutla, Panglima TNI dan Kapolri Launching Aplikasi Lancang Kuning

Monday, March 9, 2020


Portalindo.co.id, Riau - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si., menghadiri peluncuran aplikasi Lancang Kuning Nusantara atau Dashboard Nusantara di Balai Serindit Aula Gubernuran, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Riau, Senin (09/03/2020).

Adapun tujuan dari peluncuran aplikasi tersebut dalam rangka mengatasi permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Aplikasi ini memberikan info hotspot dan info pendukung lainnya. Aplikasi ini sebagai deteksi, penginderaan jarak jauh. Jika dulu informasi kadang terlambat, karena satelit berputar tiap enam jam. Sekarang realtime hotspot di mana pun berada bisa terdeteksi. Setelahnya identifikasi dengan personel di lapangan, sesuai apa tidak deteksi hotspot," terang Panglima TNI.

Selain mengetahui titik karhutla, aplikasi itu juga dapat mengetahui arah angin. Kemudian, kata Argo, melalui dashboard nusantara dapat diketahui kebutuhan air yang diperlukan untuk memadamkan karhutla yang terdeteksi.

Adapun penggunaan aplikasi Dasboard Lancang Kuning Nusantara ini secara resmi di launching oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idham Aziz, ditandai dengan penekanan tombol bersama, sebagai tanda digunakannya aplikasi ini secara Nasional.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Wamen LHK, Gubernur Pekanbaru Riau, Pangdam I/Bukit Barisan, Kapolda Riau, Segenap Pejabat Mabes TNI dan Mabes Polri sert sebelas Kapolda serta beberapa pejabat lainnya. (Red)