Dandim Barabai Hadiri Deklarasi Damai FKUB di HST
Cari Berita

Dandim Barabai Hadiri Deklarasi Damai FKUB di HST

Monday, February 3, 2020


Portalindo.co.id, Barabai Kalsel - Komandan Kodim 1002/Barabai Letkol Inf. Muh Ishak H. Baharuddin,  S.I.P, M.I. Pol. bersama unsur Forkopimda HST menghadiri Deklarasi Damai Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah  bertempat di Ruang Rapat Utama Polres HST jalan Ir.P.H.M.Noor nomor 29 Barabai,Minggu (02/02/2020).

Kegiatan Deklarasi yang dihadiri Bupati Kab.HST Drs.H.A.Chairansyah yang diwakili oleh Wakil Bupati Kab.HST Berry Nahdian Forqan, S.P.,M.S. Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto, S.I.K, Ketua DPRD Kab. HST H. Rahmadi, Dandim 1002/ Barabai Letkol Inf. Muh Ishak HB, S.I.P, M.I. Pol., Kajari HST diwakili, Danyonif 621/Mtg diwakuki, Ketua Pengadilan Agama H. Pahruraji, Ka Kemenag H. Saifudin,  Ketua MUI Kab. HST KH. Wajihuddin/mewakili, Ketua NU Kab. HST KH. Nawawi Hasan/ mewakili, Ketua DPD Muhammadiyah Kab. HST H. Sofyannor, Ketua FKUB Kab. HST H. Khairul Salim, Perwakilan Hindu Kab. HST Ibu Suci, Perwakilan Pendeta Bapa Kab. HST Hernata, Tokoh Adat Dayak, Para Ketua MUI Kecamatan se Kab. HST, Waka Polres HST Kompol Sarjaini, PJU Polres HST, Perwakilan Kesbangpol Kab. HST.

Adapun isi Deklarasi Damai Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kab. HST sebagai berikut; 
Sehubungan Kejadian di Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara menyatakan Sikap :
Pertama Kami tidak Terprovokasi dan Tetap Bersama Sama Menjaga Kerukunan Umat Beragama
Kedua Menolak Segala Isu Sara, Berita Hoax, dan Ujaran Kebencian. Sehubungan Kejadian Di Minahasa, Untuk Terjaganya Situasi Yang Aman dan Kondusif dan,
Ketiga Mari Sama Sama Kita Pelihara Kedamaian, Kerukunan, Ketenteraman dan Keharmonisan Antara Umat Beragama di Kab. Hulu Sungai Tengah

Dalam kesempatan tersebut Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto, S.I.K menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk menjaga Harkamtibmas dan kami berharap partisipasi kepada seluruh komponen serta eleman masyarakat yang ada di Kab. HST untuk bersama sama memelihara situasi kondusif  yang aman, damai dan sejuk di Kab. HST

Kegiatan ini juga dalam rangka menindak lanjuti kejadian di Minahasa, mengantisipasi kejadian serupa di tempat kita dan menyatakan sikap kita tetap damai d kab. HST,"tuturnya.

Sementara itu  Dandim 1002/Barabai Letkol Inf. Muh Ishak H.Baharuddin, S.I.P, M.I. Pol. memyampaikan bahwa dirinya yakin dan percaya bahwa masyarakat Bumi Murakata/Hulu Sungai Tengah tidak akan terprovokasi dengan kejadian yang ada di Minahasa,"katanya.

Kerukunan antar umat beragama di Hulu Sungai Tengah terjalin dengan baik dan harmonis hal ini terbukti perayaan hari besar keaagamaan dapat berjalan dengan aman dan nyaman tanpa adanya gangguan dari pihak manapun. Ditambah lagi dengan sinergitas TNI Polri yang selama ini telah mengawal kamtibmas sehingga masyarakat dengan tenang dan nyaman menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing,"pungkasnya.(pendim1002).

Editor : Zull