Bersama Dinkes, Babinsa Birayang Sosialisasikan P4K dan KP Ibu Kepada Warga Meratus -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

Bersama Dinkes, Babinsa Birayang Sosialisasikan P4K dan KP Ibu Kepada Warga Meratus

Wednesday, February 19, 2020


Portalindo.co.id, Barabai Kalsel - Bersama Dinas Kesehatan Kab.HST dan Puskesmas Batu Tangga Babinsa Koramil 1002-01/Birayang Serda Agus Rohmad melaksanakan Sosialisasi P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi) dan KP (Kelompok Pendukung) Ibu di wilayah pegunungan Meratus Desa Muara Hungi RT. 001 RW. 001 Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Rabu (19/02/2020).

Seperti disampaikan oleh Ka Puskesmas  Batu Tangga Hj. Norkamahina. S.Kep. bahwa P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi) yaitu pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh bidan sebagai pendukung untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil, suami dan keluarga tentang Kehamilan pinjaman; Bahaya Kehamilan; Ajakan pada ibu, suami dan keluarga untuk mendapatkan persalinan.

Sedangkan tujuan P4K antara lain Suami, keluarga dan masyarakat paham tentang bahaya persalinan; Adanya rencana persalinan yang aman; Adanya rencana kontrasepsi yang akan di pakai; Adanya dukungan masyarakat, Toma, kader, dukung untuk ikut KB pasca persalinan; Adanya bantuan sukarela dalam persiapan biaya, transportasi, donor darah; Memantapkan kerjasama antara bidan, dukun bayi dan kader. Adapun sasaran kegiatan ini adalah Tokoh Masyarakat dan kader Posyandu wilayah kerja Puskesmas Batu Tangga,"jelasnya.

Sementara itu Babinsa Koramil 1002-01/Birayang Serda Agus Rohmad dalam sambutannya menyampaikan bahwa program P4K ini adalah program adalah dari Dinas BKKBN PA dalam menekan angka kematian bayi baru lahir, sekaligus menekan angka kelahiran dalam program KB Kesehatan, untuk itu warga masyarakat (ibu hamil)  hendaknya sebelum dalam proses melahirkan agar secara rutin melakukan kontrol kesehatan meliputi kesehatan ibu dan anak dalam kandungan, dan apabila melahirkan harus didampingi tenaga medis yang berpengalaman atau bidan siaga untuk mengurangi resiko ataupun hal hal yang tidak diinginkan,"tegas Agus Rohmad.(pendim1002).


Editor : zull